kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,28   -13,21   -1.43%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Foto Abraham Lincoln di ranjang setelah tewas ditembak disebut 99% asli


Selasa, 06 Oktober 2020 / 11:00 WIB
Foto Abraham Lincoln di ranjang setelah tewas ditembak disebut 99% asli
ILUSTRASI. Beredar foto yang memperlihatkan presiden ke-16 AS itu terbaring di ranjang setelah dibunuh. REUTERS/Eduardo Munoz


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Abraham Lincoln tewas dibunuh pada 1865 silam. Beredar foto yang memperlihatkan presiden ke-16 AS itu terbaring di ranjang setelah dibunuh. Foto tersebut disebut 99% asli. 

Klaim itu tertuang dalam tayangan Discovery Channel The Lost Lincoln, di mana pakar forensik menghabiskan dua tahun mempelajari bukti itu. Foto yang menunjukkan jenazah Lincoln terbaring beberapa jam setelah dibunuh menjadi perdebatan, di mana ada yang menyebut bukti itu palsu. 

Abraham Lincoln tewas pada 14 April 1865 oleh John Wilkes Booth, seorang aktor yang juga mata-mata bagi pemerintah Konfederasi. Presiden ke-16 AS itu awalnya tengah menonton drama bersama istrinya, Mary Todd, di Teater Ford Washington DC, saat ditembak Booth di kepala. 

Dia kemudian dibawa ke sebuah asrama yang berlokasi di pinggir jalan, di mana tim dokter berjuang semalaman untuk menyelamatkan nyawanya. Tetapi, dia dinyatakan tewas pada 14 April dini hari waktu setempat, setelah sempat koma selama delapan jam karena luka tembakan. 

Baca Juga: Puluhan mumi Mesir kuno ditemukan setelah lebih dari 2.500 tahun

Dalam program Discovery Channel, muncul sebuah kotak yang ketika dibuka memperlihatkan sebuah foto yang diyakini adalah sang presiden. Dalam foto tersebut, nampak seorang pria dengan wajah sempit dan berjanggut menatap kosong ke kejauhan, di mana dia diduga sudah meninggal. 

Dilansir The Sun Minggu (4/10/2020), gambar tersebut juga menunjukkan mata kanan si pria nampak menonjol yang bisa jadi karena luka. 

Penyidik Whitny Braun mengatakan, dia menghabiskan dua tahun untuk meneliti bahwa foto itu memang benar-benar sang mendiang presiden. "Di dunia otentifikasi, menemukan foto ini seperti Cawan Suci. Saya yakin 99% lelaki dalam foto itu adalah Lincoln," kata dia. 

Baca Juga: Studi baru ungkapkan mumi kucing di Mesir mati dicekik sebelum dibungkus




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×