kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kabar baik, ujicoba vaksin Oxford menghasilkan kekebalan bagi orang tua dan anak muda


Selasa, 27 Oktober 2020 / 05:29 WIB
Kabar baik, ujicoba vaksin Oxford menghasilkan kekebalan bagi orang tua dan anak muda
ILUSTRASI. Salah satu vaksin eksperimental Covid-19 terkemuka di dunia menghasilkan respons kekebalan pada orang dewasa muda dan orang tua. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - LONDON. Salah satu vaksin eksperimental Covid-19 terkemuka di dunia menghasilkan respons kekebalan pada orang dewasa muda dan orang tua. Hasil riset ini meningkatkan harapan ditemukannya jalan keluar dari kesuraman dan kehancuran ekonomi yang ditimbulkan oleh virus corona baru.

Reuters memberitakan, produsen obat Inggris AstraZeneca Plc, yang membantu pembuatan vaksin mengatakan, vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Oxford itu juga memicu respons merugikan yang lebih rendah di antara orang tua. 

keberhasilan vaksin dipandang sebagai pengubah permainan dalam pertempuran melawan virus corona baru, yang telah menewaskan lebih dari 1,15 juta orang, menutup sebagian besar ekonomi global dan menjungkirbalikkan kehidupan normal bagi miliaran orang.

"Sangat menggembirakan melihat tanggapan imunogenisitas serupa antara orang dewasa yang lebih tua dan lebih muda dan bahwa reaktogenisitas lebih rendah pada orang dewasa yang lebih tua, di mana tingkat keparahan penyakit Covid-19 lebih tinggi," kata juru bicara AstraZeneca.

Baca Juga: Ada vaksinasi mandiri, Jokowi minta harga vaksin corona terjangkau masyarakat

“Hasil lebih lanjut membangun bukti untuk keamanan dan imunogenisitas AZD1222,” kata juru bicara itu, mengacu pada nama teknis vaksin seperti yang dikutip Reuters.

Vaksin Oxford/AstraZeneca diharapkan menjadi salah satu yang pertama dari farmasi besar yang mendapatkan persetujuan peraturan, bersama dengan calon vaksin besutan Pfizer dan BioNTech, saat dunia mencoba untuk merencanakan jalan keluar dari pandemi Covid-19.

Baca Juga: Gerak cepat dapatkan vaksin Covid-19, Jokowi minta kaidah sains jadi patokan

Berita bahwa orang lanjut usia mendapat tanggapan kekebalan dari vaksin itu positif karena sistem kekebalan tubuh melemah seiring bertambahnya usia dan orang tua adalah pihak yang paling berisiko meninggal akibat virus.

Jika berhasil, vaksin ini akan memungkinkan dunia untuk kembali ke normalitas setelah kerusuhan pandemi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×