kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembali ganti manteri kesehatan, Brasil catat rekor kematian Covid-19 terbanyak


Rabu, 17 Maret 2021 / 06:55 WIB
Kembali ganti manteri kesehatan, Brasil catat rekor kematian Covid-19 terbanyak
ILUSTRASI. Penyebaran virus corona di Brasil


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - BRASILIA. Brasil kembali melaporkan rekor jumlah kematian karena Covid-19 terbanyak pada Selasa (16/3). Hal ini terjadi tepat ketika calon menteri kesehatan baru negara itu berjanji untuk melanjutkan kebijakan kontroversial Presiden Jair Bolsonaro, yang telah meremehkan tingkat keparahan penyakit tersebut.

Komentar awal dari ahli jantung Marcelo Queiroga, sehari setelah dia dipilih sebagai Manteri Kesehatan oleh Bolsonaro, memupuskan harapan akan perubahan signifikan dalam rangka mengekang pandemi yang memburuk dan telah menewaskan lebih dari 280.000 orang di Brasil. 

Kini Brasil juga memiliki jumlah kematian mingguan terburuk di dunia dalam sepekan terakhir. Pada Selasa sore, Brasil mencatat 2.841 kematian untuk pertama kalinya.

Queiroga telah meminta warga Brasil untuk tetap memakai masker dan mencuci tangan. Tetapi di saat yang sama, dia berhenti mendukung kebijakan jarak sosial atau penguncian untuk menghentikan penyebaran virus corona.

"Ini adalah langkah-langkah sederhana tetapi penting, karena orang-orang dengan langkah-langkah ini dapat menghindari penutupan ekonomi negara," kata Queiroga dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello, seorang jenderal militer yang masih bertugas.

Pazuello berada di bawah tekanan saat korban jiwa melonjak, meskipun dia merupakan pendukung rencana Bolsonaro terhadap obat anti malaria untuk mengobati Covid-19, yang efektivitasnya diperdebatkan oleh banyak penyedia layanan kesehatan.

Baca Juga: Jumlah kematian Covid-19 melonjak, rumah sakit Brasil tolak menerima pasien

Queiroga menambahkan, bahwa kebijakan kesehatan secara keseluruhan ditetapkan oleh presiden dan menteri ada untuk melaksanakannya.

Penunjukan resmi Queiroga, yang berkampanye untuk Bolsonaro pada 2018 dan bertugas di tim transisi, diharapkan terjadi pada Rabu (17/3) waktu setempat. 

Queiroga akan menjadi menteri kesehatan keempat Brasil sejak pandemi virus corona dimulai. Belum ada tanggal pasti untuk penyerahan jabatan, meskipun ia telah memulai pekerjaan transisi dengan bertemu dengan Pazuello.

Queiroga, yang juga merupakan presiden Masyarakat Kardiologi Brasil, mengkritik penggunaan hidroksikloroquine antimalaria untuk mengobati pasien Covid-19, dalam sebuah wawancara surat kabar pada hari Minggu, mengatakan tidak ada bukti ilmiah bahwa itu berhasil, tetapi dia menambahkan bahwa dokter bebas untuk melakukannya. meresepkan obat.

Dia juga mengatakan bahwa penguncian bukanlah cara untuk menghentikan pandemi, mengulangi posisi Bolsonaro yang bertentangan dengan sebagian besar ahli kesehatan masyarakat dan gubernur negara bagian di Brasil.

Menteri Kesehatan Brasil saat ini, Pazuello, yang tidak memiliki gelar kedokteran, telah dikritik karena tidak memiliki keahlian kesehatan masyarakat dan mengabaikan keputusan Bolsonaro. 

Dua pendahulunya mengundurkan diri kira-kira dalam rentang satu bulan setelah ditetapkan pada tahun lalu, sebagian karena sebagai dokter mereka tidak akan sepenuhnya mendukung perawatan pasien dengan hydroxychloroquine.

Kegagalannya untuk mengamankan pasokan vaksin tepat waktu menyebabkan seruan untuk penyelidikan di Kongres. Sementara, Mahkamah Agung sedang menyelidiki penanganannya terhadap pandemi Covid-19 di kota utara Manaus, di mana rumah sakit kehabisan oksigen.

Selanjutnya: Amerika dominasi penjualan senjata global, Arab Saudi sebagai pelanggan utama




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×