kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memo CEO Stancart Plc: Jauhi penggunaan Zoom dan Google Hangout


Rabu, 15 April 2020 / 19:04 WIB
Memo CEO Stancart Plc: Jauhi penggunaan Zoom dan Google Hangout
ILUSTRASI. Eric Yuan, CEO of Zoom Video Communications takes part in a bell ringing ceremony at the NASDAQ MarketSite in New York, New York, U.S., April 18, 2019. REUTERS/Carlo Allegri


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA/NEW YORK.  Standard Chartered Plc (L: STAN) menjadi bank global besar pertama yang memberi tahu karyawan untuk tidak menggunakan Zoom Video Communications Inc (O: ZM) selama pandemi corona. Tidak ada jaminan keamanan siber menjadi sebab.

Dari memo dilihat oleh Reuters, pesan ini dikirim oleh Chief Executive Officer Bill Winters kepada para manajer Stancart pekan lalu. Selain Zoom, peringatan juga berlaku agar tidak menggunakan platform Google Hangouts Alphabet Inc (O: GOOGL) untuk pertemuan virtual.

Menurut pakar IT, Zoom dan Google Hangout tidak memberikan layanan yang menawarkan tingkat enkripsi percakapan seperti Webex Cisco System Inc (O: CSCO), Tim Microsoft Corp (O: MSFT) atau Blue Jeans Network Inc.

Seorang juru bicara Standard Chartered menolak untuk mengomentari permintaan Reuters atas memo itu. Dia mengatakan cybersecurity tetap menjadi prioritas utama dan staf dapat menggunakan beberapa alat resmi untuk konferensi audio dan video.

Bank yang berbasis di London adalah entitas terbaru untuk menjauhkan diri dari Zoom setelah penyelundup mengekspos kelemahan keamanan dengan menerobos ke dalam obrolan video orang asing di telanjang, memasukkan gambar cabul ke dalam presentasi, atau melemparkan cercaan rasial pada peserta.

Insiden  yang dikenal sebagai Zoombombing ini telah mengguncang pengguna Zoom, ketika banyak pebisnis, mahasiswa, keluarga dan teman-teman berbondong-bondong ke layanan ini agar tetap terhubung sambil mengisolasi selama pandemi. 

Zoom pada bulan Maret memiliki sekitar 200 juta orang menggunakan sistemnya setiap hari, naik dari 10 juta pada akhir tahun lalu.

Bank mengaku memiliki kekhawatiran khusus tentang keamanan siber karena peraturan yang dapat menghukum mereka karena mengekspos informasi nasabah, bahkan jika secara tidak sengaja.

Staf Standard Chartered sebagian besar kini menggunakan Blue Jeans dalam pertemuai daring.
Ini artinya, Stancart bergabung dengan yang lain mulai dari SpaceX Elon Musk, sekolah umum New York City dan pemerintah di Taiwan dan Jerman yang mulai melakukan pembatasan pada Zoom.

Bagi perbankan memilih penyedia komunikasi harus benar-benar aman dengan masalah keamanan, kebutuhan akses data, dan preferensi klien dan karyawan. Ini pilihan yang sulit agar data-data nasabah tak  berkeliaran ke layanan lain di luar saluran resmi karena ketatnya kerahasian bank.

Masalahnya, hingga saat ini, pekerja industri keuangan masih banyak menggunakan Zoom sebagai  obrolan video saat pandemi corona.

Dua karyawan JPMorgan Chase & Co (N: JPM) mengatakan, mereka secara rutin mengadakan pertemuan di Zoom. Ini adalah salah satu dari beberapa alat konferensi video yang diizinkan bank, termasuk Blue Jeans.

Beberapa karyawan Goldman Sachs Group Inc (N: GS) telah mengadakan "acara pub" virtual di Zoom, tempat mereka terhubung setelah bekerja.

Kepala petugas teknologi bank mengatakan kepada staf dalam video 3 April bahwa mereka dapat menggunakan Zoom dan Blue Jeans.

Karyawan Morgan Stanley (N: MS) juga diizinkan menggunakan Zoom, di antara opsi lain, kata sumber di sana.

Barclays Plc (L: BARC) hanya menggunakan Zoom jika klien memintanya, menurut sumber.

Orang-orang di Wells Fargo & Co (N: WFC) dan Citigroup Inc (N: C) mengatakan Zoom bukanlah pilihan yang lazim di bank mereka, yang mengandalkan layanan lain.

Otoritas Pengatur Industri Keuangan (FINRA), organisasi independn  untuk pialang A.S., juga masih menggunakan Zoom.

Dalam sebuah pernyataan, Zoom mengatakan banyak pelanggan global termasuk perusahaan keuangan, perusahaan telekomunikasi, universitas, dan lembaga pemerintah telah melakukan "tinjauan keamanan menyeluruh" dari teknologinya dan memilihnya sebagai layanan.

Didirikan dan dipimpin oleh mantan manajer Cisco Eric Yuan, Zoom pekan lalu meminta mantan kepala keamanan Facebook Inc (O: FB) Alex Stamos sebagai penasihat keamanan dan privasi untuk memadamkan reaksi global atas kelemahan Zoom tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×