kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pantai-pantai di Amerika Serikat kembali ramai di akhir pekan


Minggu, 26 April 2020 / 11:30 WIB
Pantai-pantai di Amerika Serikat kembali ramai di akhir pekan
ILUSTRASI. Warga mengambil kesempatan berkunjung ke pembukaan pantai Duval County untuk aktivitas fisik di tengah pembatasan penyakit virus korona (COVID-19) di Jacksonville, Florida, Amerika Serikat, Minggu (19/4/2020).


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. Warga Amerika Serikat (AS) berbondong-bondong ke pantai pada hari Sabtu (25/4) setelah wilayah Florida memperluas akses dan California mengalami gelombang panas. Padahal, kasus virus corona baru mencapai rekor tertinggi di AS sehari sebelumnya dan kematian mencapai 200.000 di seluruh dunia.

Salon rambut dan toko-toko lain di Georgia, Oklahoma, dan beberapa negara bagian lainnya dibuka untuk hari kedua. Negara-negara baian ini berupaya memulai kembali aktivitas ekonomi setelah sebulan lockdown yang diperintahkan oleh pemerintah.

Langkah-langkah tentatif menuju pembukaan kembali aktivitas ini bertentangan dengan peringatan dari banyak pakar kesehatan masyarakat. Para pakar memperingatkan bahwa peningkatan interaksi manusia dapat memicu gelombang baru kasus Covid-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona yang sangat menular.

Baca Juga: Pemerintah AS cairkan dana bantuan US$ 9,5 miliar ke maskapai penerbangan

AS pada hari Jumat mencatat 36.491 kasus baru Covid-19, rekor tertinggi harian, menurut penghitungan Reuters. Kematian global yang terkait dengan virus itu melewati 200.000 pada hari Sabtu, lebih dari seperempat dari total tersebut berada di AS.

Gubernur New York Andrew Cuomo mengulangi peringatannya bahwa pembukaan kembali bisnis terlalu cepat berisiko. Sementara Gubernur Rhode Island Gina Raimondo menentang demonstrasi melawan lockdown. Raimondo mengatakan bahwa demonstrasi ini berpikiran pendek dan bisa memaksa dia menunda pembukaan kembali ekonomi Rhode Island paling cepat 8 Mei mendatang.

"Melanggar jarak sosial pada saat ini sangat egois," kata Raimondo pada briefing, merujuk pada protes. "Jika semua orang hari ini keluar dan melanggar aturan, saya pasti harus memundurkan kembali tanggal di mana kita dapat membuka kembali perekonomian," ujar dia.

Baca Juga: WHO ingatkan tidak ada bukti ilmiah pasien yang sembuh dari corona dijamin imun

Volusia County, lokasi Pantai Daytona yang terkenal, membuka taman-taman pantai pada hari Sabtu untuk para pengunjung yang cacat. Ini adalah satu langkah dalam pembukaan kembali bertahap. Pantai Daytona masih membatasi aktivitas seperti berjalan, berselancar, bersepeda, atau berenang.

Dalam briefing pada hari Jumat, Volusia County Manager George Recktenwald mengungkapkan bahwa pelonggaran penyediaan parkir sebagai langkah tambahan dan memperingatkan agar pengunjung tidak berkumpul dalam kelompok. Tetapi seorang penduduk mengatakan banyak pengunjung pantai tidak mengindahkan saran itu.

"Saya tahu mereka memiliki aturan dan batasan, tetapi orang-orang tidak mendengarkan," kata John Overchuck, 45, seorang pengacara yang tinggal di rumah di tepi pantai bersama istri dan anak balita di selatan Pantai Daytona di New Smyrna Beach.

"Saya berjalan di pantai 10 menit yang lalu dan pantai itu penuh. Itu tidak seharusnya terjadi," ujar Overchuck. Dia mengatakan bahwa sudah ada pengunjung yang memarkir mobil dan mendirikan tenda tepat di pantai.

GELOMBANG PANAS




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×