kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,20   -15,29   -1.66%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pulihkan ekonomi, Gubernur bank sentral Australia dorong pemerintah tarik utang


Selasa, 21 Juli 2020 / 10:48 WIB
Pulihkan ekonomi, Gubernur bank sentral Australia dorong pemerintah tarik utang
ILUSTRASI. Bank sentral australia


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Petinggi bank sentral Australia mendesak pemerintah untuk tarik utang lebih banyak dan mendorong pengeluaran publik untuk mendukung pemulihan ekonomi negara itu, karena itu dinilai menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan demi kepentingan nasional.

Mengutip Reuters, Selasa (21/7), Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe mengatakan fondasi ekonomi Australia kuat dengan neraca sektor publik yang solid.

Dia mengatakan langkah-langkah kebijakan moneter dan fiskal juga membantu menyediakan jembatan penting bagi pemulihan karena Australia menghadapi guncangan ekonomi terburuk sejak 1930-an dengan tingkat pengangguran pada level tertinggi selama 22 tahun.

Baca Juga: Australia sediakan dana hingga Rp 3 triliun bagi Indonesia, untuk apa?

Dalam pidatonya yang berjudul “Covid-19, Pasar Tenaga Kerja dan Neraca Sektor Publik”, Lowe mengatakan transfer tunai langsung ke rumah tangga dan bisnis serta meningkatkan pengeluaran publik untuk infrastruktur dan skema subsidi upah adalah contoh bagaimana pemerintah dapat “memperlancar berbagai hal di luar".

"Dengan membantu perekonomian saat ini, langkah-langkah ini juga mendukung kepercayaan yang sangat penting," tambahnya.

"Jadi mereka membantu mengembalikan pola pengeluaran dan konsumsi yang lebih normal, tanpa perlu stimulus fiskal yang berkelanjutan."

Pernyataan itu datang ketika Australia berencana untuk memangkas ukuran pembayaran subsidi upahnya dan memperketat aturan kelayakan.

Lowe mengatakan bahwa menggunakan neraca publik dengan cara ini dibutuhkan peningkatan pinjaman pemerintah yang tidak dapat dihindari.

“Untuk negara yang terbiasa dengan defisit anggaran rendah dan tingkat utang publik yang rendah, ini merupakan perubahan. Tetapi ini adalah perubahan yang sepenuhnya dapat dikelola dan terjangkau dan merupakan hal yang tepat untuk dilakukan demi kepentingan nasional, "kata Lowe.

Baca Juga: Tingkat pengangguran Australia bulan Juni capai 7,4%, terburuk sejak November 1998

Untuk bagiannya, RBA telah memangkas suku bunga ke rekor terendah 0,25% dan meluncurkan program pembelian obligasi pemerintah tanpa batas.

Pada hari Selasa, Lowe mengesampingkan suku bunga negatif dan intervensi di pasar valuta asing sebagai opsi kebijakan yang memungkinkan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×