kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selandia Baru melaporkan tidak ada kasus virus corona tambahan pada Senin (4/5)


Senin, 04 Mei 2020 / 13:52 WIB
Selandia Baru melaporkan tidak ada kasus virus corona tambahan pada Senin (4/5)
ILUSTRASI. Australia dan Selandia Baru longgarkan lockdown


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selandia Baru melaporkan tidak ada kasus baru virus corona pada hari Senin, menandai pertama kalinya negara itu mencatat nol kasus sejak wabahnya berlangsung pada pertengahan Maret. Perkembangan itu terjadi kurang dari seminggu setelah negara Pasifik itu mengakhiri penutupan ketat yang tampaknya mengandung wabah itu.

Ashley Bloomfield, direktur jenderal kesehatan negara tersebut mengatakan jumlah kematian tetap pada 20 orang tanpa tambahan lagi terkait virus. "Ini adalah simbol dari upaya yang dilakukan semua orang," kata Bloomfield dikutip dari aljazeera.

Baca Juga: Pembatasan dilonggarkan, arus komuter di Malaysia mulai padat

"Ini adalah hari pertama kami tidak memiliki kasus baru dan kami ingin tetap seperti itu," tambahnya.

Selandia Baru pada hari Selasa melonggarkan penguncian ketat untuk membantu membuka kembali perekonomian, tetapi banyak pembatasan tetap diberlakukan. Banyak bisnis termasuk kebanyakan toko dan restoran tetap tutup, sebagian besar anak sekolah belajar dari rumah dan orang-orang diharuskan untuk menjaga jarak sosial.

Bloomfield memperingatkan bahwa orang-orang harus melanjutkan langkah-langkah menjauhkan sosial untuk memastikan COVID-19 tidak kembali. "Jelas ini adalah angka yang menggembirakan hari ini, tetapi ini hanya satu saat," kata Bloomfield.

Jumlah total kasus yang dikonfirmasi di negara ini adalah 1.137, katanya. Pemerintah Selandia Baru akan membuat keputusan tentang pelonggaran lebih lanjut pembatasan pada 11 Mei.

Baca Juga: Tersengat corona, kunjungan wisatawan mancanegara ambles 45,5% Maret 2020

Menteri Luar Negeri Winston Peters pada hari Senin mendukung seruan untuk apa yang disebut gelembung trans-Tasman yang akan memungkinkan perpindahan orang-orang antara Selandia Baru dan Australia. Dia mengatakan pengaturan semacam itu dapat bekerja "dengan sangat baik".

Australia sejauh ini lolos dari tingginya jumlah korban yang terlihat di negara-negara lain, dengan sekitar 6.800 infeksi dan 95 kematian. Negara itu memiliki 26 kasus baru coronavirus pada hari Senin di tiga negara bagian dalam lompatan harian terbesar dalam dua minggu. Kasus-kasus itu termasuk seorang bocah lelaki berusia tujuh tahun.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×