kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump tuding China sengaja tutupi penyebaran wabah virus corona


Senin, 04 Mei 2020 / 09:19 WIB
Trump tuding China sengaja tutupi penyebaran wabah virus corona
U.S. President Donald Trump addresses the daily coronavirus task force briefing at the White House in Washington, U.S., April 23, 2020. REUTERS/Jonathan Ernst


Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus melakukan tekanan terhadap China atas wabah corona yang melanda dunia termasuk AS. Trump mengatakan, China telah membuat kesalahan dan mencoba menutupi penyebaran virus corona.

Hal itu dikatakan Trump, pada hari Minggu (3/5) seperti dilansir CNBC.  Trump menuding kesalahan yang dilakukan China tersebutlah yang menjadi penyebab penyebaran wabah virus corona yang telah menghentikan perekonomian global.

Kendati sejauh ini, Trump tidak memberikan bukti atas tuduhan tersebut. "Saya pikir mereka membuat kesalahan yang mengerikan dan tidak mau mengakuinya," ujar Trump.

Baca Juga: Trump: Masih banyak yang harus dilakukan untuk ringankan efek ekonomi akibat corona

Komentar Trump itu muncul hanya beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan bahwa mereka memiliki sejumlah bukti yang menunjukkan bahwa virus corona muncul dari laboratorium milik China di Kota Wuhan.

“Pendapat saya adalah mereka melakukan kesalahan. Mereka mencoba menutupinya, mereka berusaha memadamkannya. Ini seperti api, "kata Trump.

Menurut Trump, pemerintah AS tengah menyusun laporan yang sangat konklusif terkait tuduhan tersebut.

Badan mata-mata utama AS mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka telah menemukan bahwa virus corona bukan buatan manusia, tetapi masih menyelidiki apakah itu disebabkan kecelakaan di laboratorium di Wuhan atau tidak.

Baca Juga: Menlu AS: Ada bukti signifikan bahwa virus corona muncul dari laboratorium China

Namun sebuah laporan inteligen Departemen Keamanan Dalam Negeri AS bertanggal Jumat menemukan bahwa para pejabat China sengaja menyembunyikan keparahan yang disebabkan wabah tersebut.

Laporan itu menemukan bahwa China menyembunyikan rincian perihal virus corona dalam mengumpulkan kebutuhan medis. Namun China membantah klaim bahwa virus corona lolos dari pusat penelitian di Wuhan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×