kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Investasi Warren Buffett yang Paling Menguntungkan, Apa Saja?


Kamis, 25 Agustus 2022 / 08:44 WIB
5 Investasi Warren Buffett yang Paling Menguntungkan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Warren Buffett terkenal sebagai investor ternama dunia karena berhasil menanamkan investasi yang menguntungkan. REUTERS/Scott Morgan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pada pertengahan Juni tahun ini, saham Kelas A Berkshire Hathaway diperdagangkan pada kisaran US$ 403.000, turun dari level tertinggi sekitar US$ 539.000 pada akhir Maret 2022. Meskipun kehilangan seperempat nilainya dalam tiga bulan terakhir yang menyedihkan, saham perusahaan Warren Buffett telah meningkat sebesar 5.568,72% sejak tahun 1990.

Pada periode saat ia mengambil alih posisi sebagai CEO pada tahun 1965 hingga Maret tahun ini, Warren Buffett menambahkan US$ 790 miliar nilai pemegang saham, menurut Motley Fool, untuk pengembalian agregat 4.355.005% pada saham Kelas A perusahaan.

Ini bukan sihir. Ini adalah hasil dari jenis investasi bijak yang telah membuat Warren Buffett menjadi investor paling terkenal dan sukses dalam sejarah.

Berikut adalah taruhan yang paling berhasil untuk “The Oracle of Omaha,” yang mengajukan pengembalian pajak pertamanya pada usia 13 tahun dan kemudian menjadi orang terkaya No. 5 di dunia.

1. Apel 

Mengutip gobankingrates.com, hubungan cinta antara Warren Buffett dengan Apple adalah fakta yang terkenal. Terhitung 38,9% dari portofolio Berkshire adalah Apple.

Pada pertengahan Juni 2022, Apple diperdagangkan sekitar US$ 132, turun dari level puncak di posisi US$ 180 pada akhir 2021 dan US$ 174 pada Maret. 

Menurut Barron's, hasil kuartal pertama yang mengerikan itu menelan biaya dari kantong Warren Buffett senilai US$ 30 miliar. Meski begitu, Berkshire masih memiliki keuntungan sebesar US$ 90 miliar dari Apple.

2. Moody's 

Mengutip gobankingrates.com, lembaga pemeringkat Moody's menyumbang 2,1% dari portofolio Berkshire, dan Warren Buffett telah lama berada di saham sejak tahun 2000.

Menurut Motley Fool, Warren Buffett membayar sekitar US$ 248 juta untuk mengakuisisi 24.669.778 saham dengan dasar biaya US$ 10,05 per saham. Pada pertengahan Juni, Moody's diperdagangkan sekitar US$ 255 untuk keuntungan lebih dari 2.437%.

Namun, angka itu bahkan tidak memperhitungkan keuntungan yang diperoleh Berkshire dari menjual sebagian saham Moody selama lebih dari dua dekade terakhir, juga tidak memperhitungkan dividen yang telah dibayarkan Moody dalam 22 tahun sebelumnya. Kedua faktor itu menambah ratusan poin persentase ke penghitungan.

3. Coke 

Mengutip gobankingrates.com, Coca-Cola adalah salah satu saham langka yang tidak di zona merah tahun ini. Saham ini naik sekitar 25 sen per saham, atau 0,42%, sejak awal 2022.

Berkshire Hathaway memiliki persis 400 juta saham Coke — 9,2% dari perusahaan dan 7,8% dari portofolio Berkshire. Saham itu menelan biaya Buffett US$ 1,3 miliar, menurut Market Insider, dan Berkshire belum menyentuh sahamnya dalam 27 tahun berikutnya. 

Pada pertengahan Juni, sahamnya bernilai lebih dari US$ 24 miliar untuk keuntungan 19 kali lipat sebesar 1.800%.

Coke membayar Berkshire US$ 672 juta dalam pendapatan dividen per tahun — naik dari US$ 88 juta pada tahun 1995.

4. Bank of America Corporation 

Mengutip Yahoo Finance, Bank of America Corporation adalah perusahaan jasa keuangan yang berbasis di Carolina Utara yang didirikan pada tahun 1998. 

Bank ini menempati urutan kedua dalam daftar investasi Warren Buffett yang paling menguntungkan sepanjang masa. Saham ini telah menawarkan pengembalian investor melebihi 74% dalam dua belas bulan terakhir. 

Warren Buffett pertama kali mulai membeli saham di bank ini pada tahun 2011 dengan harga yang lebih rendah dan menginvestasikan US$ 5 miliar pada awalnya, meningkatkan sahamnya di bank secara bertahap setelahnya. 

Pada 2017, ia juga menggunakan surat perintah sebelumnya untuk membeli lebih banyak saham di perusahaan dengan diskon besar.

Bank of America Corporation sekarang mewakili kepemilikan terbesar kedua di Berkshire dengan hampir 14,5% dari portofolionya. Perusahaan Nebraskan memiliki lebih dari 1 miliar saham di bank senilai lebih dari US$ 39 miliar. Di penghujung tahun 2020, saat Warren Buffett menjual sahamnya di banyak kepemilikan bank terkemuka, dia benar-benar menambah sahamnya di Bank of America Corporation. 

Ini menegaskan pandangan bullishnya di masa depan terhadap perusahaan tersebut.

5. United Parcel Service, Inc

Melansir Yahoo Finance, United Parcel Service, Inc adalah perusahaan pelayaran yang berbasis di Georgia yang didirikan pada tahun 1907. Perusahaan ini menempati urutan keempat dalam daftar investasi Warren Buffett yang paling menguntungkan sepanjang masa. 

Saham ini telah mengembalikan lebih dari 102% kepada investor selama dua belas bulan terakhir. 

Warren Buffett pertama kali membeli saham di perusahaan pelayaran pada tahun 2006 ketika dia menginvestasikan lebih dari US$ 113 juta untuk membeli lebih dari 1,4 juta saham. 
Warren Buffett sejak itu memangkas sahamnya di perusahaan dan sekarang hanya mewakili 0,004% dari portofolio Berkshire.

Namun, United Parcel Service, Inc berada pada daftar investasi yang paling menguntungkan karena saham perusahaan telah menguat selama setahun terakhir. Ini berarti bahwa saham tersebut telah mengembalikan lebih dari 323% kepada investor sejak Warren Buffett pertama kali membeli saham di perusahaan tersebut. 

Warren Buffett telah mempertahankan sahamnya selama bertahun-tahun untuk mengantisipasi reli seperti itu dan masih harus dilihat apakah dia akan mempertahankan saham kecilnya di perusahaan pelayaran dalam beberapa bulan mendatang atau menguangkannya.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×