kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Abu Mendiang Pemimpin Tiongkok Jiang Zemin Disebar di Muara Sungai Yangtze


Selasa, 13 Desember 2022 / 06:50 WIB
Abu Mendiang Pemimpin Tiongkok Jiang Zemin Disebar di Muara Sungai Yangtze
ILUSTRASI. Abu mendiang pemimpin China Jiang Zemin disebar ke laut di muara Sungai Yangtze pada Minggu (11/12/2022). REUTERS/Jeff Mitchell


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Abu mendiang pemimpin China Jiang Zemin disebar ke laut di muara Sungai Yangtze pada Minggu (11/12/2022). Hal tersebut dilaporkan oleh kata kantor berita pemerintah Xinhua.

Melansir Reuters, sebuah pesawat khusus yang membawa abu sang pemimpin berputar dan terbang perlahan di atas ibu kota Beijing pada Minggu pagi, mengucapkan selamat tinggal pada tempat di mana dia mengabdikan dirinya untuk Partai Komunis dan negara.

Jiang meninggal pada 30 November di usia 96 tahun. Dia memimpin China selama satu dekade dan berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat setelah penumpasan Tiananmen pada tahun 1989.

Setelah tiba di Shanghai, abunya dibawa dengan mobil jenazah ke pelabuhan militer Wusong. Kemudian kerabat Jiang mengawal abu di atas Yangzhou, sebuah kapal perang Tentara Pembebasan Rakyat China yang dinamai menurut kampung halaman Jiang Yangzhou, kata Xinhua.

Baca Juga: Bekas Presiden China Jiang Zemin Mangkat, Ini Warisan Pentingnya

Di muara Sungai Yangtze, janda Jiang Wang Yeping dan kerabat lainnya, serta Cai Qi, seorang anggota senior Partai Komunis, perlahan-lahan menyebarkan abu Jiang dan kelopak bunga berwarna-warni ke sungai dan laut.

"Kamerad Jiang Zemin mengabdikan hidupnya tanpa pamrih untuk ibu pertiwi dan rakyat," kata Xinhua.

Pada upacara peringatan untuk Jiang pada hari Selasa, Presiden Xi Jinping memberikan penghormatan kepada mantan pemimpin untuk memastikan kelangsungan hidup Partai Komunis dari "badai politik" dan mereformasi untuk menyuntikkan vitalitas baru dan memodernisasi ekonomi negara.

Baca Juga: Peluncuran Xiaomi 13 Ditunda Gara-Gara China Berduka, Ada Kejadian Apa?

Di bawah kepemimpinan Jiang, China berhasil melewati krisis keuangan Asia 1997-1998, bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia pada tahun 2001 dan memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2008 di Beijing.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×