kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45868,39   -1,11   -0.13%
  • EMAS947.000 1,07%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada peran Indonesia, prototipe jet tempur KF-X Korea meluncur bulan depan


Senin, 01 Maret 2021 / 13:22 WIB
Ada peran Indonesia, prototipe jet tempur KF-X Korea meluncur bulan depan
ILUSTRASI. Prototipe jet tempur buatan Korea Selatan, KF-X, di pabrik Korea Aerospace Industries (KAI) di Kota Sacheon, 24 Februari 2021. Foto: Badan Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA)


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - SACHEON. Korea Selatan bakal memamerkan prototipe jet tempur KF-X buatan lokal pertama pada April nanti. Dan, ada peran Indonesia dalam proyek tersebut.

Jung Kwang-sun, Kepala Program KF-X di Badan Program Akuisisi Pertahanan (DAPA), mengatakan, acara peluncuran prototipe jet tempur KF-X akan menjadi "momen penting" bagi negara dan industri kedirgantaraan Korea Selatan.

"Setelah bekerja hanya dengan cetak biru sejauh ini, kami sekarang akan memiliki sesuatu yang benar-benar dapat kami lihat dan uji, apakah apa yang telah kami pelajari benar-benar berfungsi," kata Jung kepada wartawan di markas Korea Aerospace Industries (KAI), Senin (1/3), seperti dikutip Yonhap.

Korea Selatan telah mengerjakan proyek pengembangan jet tempur generasi berikutnya tersebut sejak akhir 2015 untuk menggantikan armada F-4 dan F-5 Angkatan Udara mereka yang sudah menua.

Dengan muatan maksimum 7.700 kilogram, KF-X akan memiliki 10 pod untuk rudal udara-ke-udara dan senjata lainnya. Dan, sanggup terbang dengan kecepatan 2.200 kilometer per jam sejauh 2.900 km.

Baca Juga: Kapal induk ringan Korea Selatan beroperasi 2033, siap hadapi berbagai ancaman

Pemimpin proyek bernilai 8,8 triliun won (US$ 7,9 miliar) itu adalah KAI, satu-satunya produsen pesawat di Korea Selatan. Di pabrik KAI di Kota Sacheon, para insinyur sibuk memberikan sentuhan akhir untuk merakit model uji coba jet tempur KF-X.

Saat ini masih dalam warna kuning-hijau, prototipe jet tempur KF-X yang mirip dengan desain pesawat siluman akan dicat dengan kelir abu-abu gelap sebelum acara peluncuran bulan depan.

Indonesia mitra proyek jet tempur KF-X

KAI berencana menyelesaikan pembangunan tiga prototipe pada akhir tahun ini, dan merampungkan perakitan tiga lainnya pada paruh pertama tahun depan. Rencananya, tes penerbangan pertama jet tempur KF-X pada 2022, dengan seluruh pengembangan akan selesai di 2026.

Secara terpisah, dua prototipe KF-X tambahan akan dibuat untuk uji darat guna memeriksa daya tahan jet tempur tersebut.

Baca Juga: Korea Selatan siaga, pantau pergerakan Korea Utara dalam pengembangan rudal




TERBARU

[X]
×