kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aktivitas Pabrik China Mulai Bergerak


Kamis, 30 Juni 2022 / 19:35 WIB
Aktivitas Pabrik China Mulai Bergerak
ILUSTRASI. Industri tekstil China


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pabrik dan sektor jasa China mulai bergerak setelah sempat tertekan akibat penguncian Covid di Shanghai sehingga menghidupkan kembali produksi dan belanja konsumen.

Biro Statistik Nasional (NBS) mencatat, indeks manajer pembelian manufaktur (PMI) resmi naik menjadi 50,2 pada bulan Juni 2022. Nilai itu meningkat dari bulan sebelumnya di level 49,6.

Realisasi itu sedikit meleset dari perkiraan 50,5 dalam jajak pendapat Reuters tetapi naik di atas 50 poin yang memisahkan kontraksi dari pertumbuhan untuk pertama kalinya sejak Februari.

Sementara itu, aktivitas telah meningkat sejak adanya penguncian Covid namun tetap ada hambatan, termasuk pasar properti dan belanja konsumen yang lemah. Dibarengi kekhawatiran terhadap gelombang infeksi yang berulang.

"Angka NBS begitu menggembirakan untuk dilihat, bahkan jika manufaktur sedikit mengecewakan dan adanya perbaikan ekspektasi karena pelonggaran," kata Analis pasar senior di City Index Matt Simpson dikutip dari Reuters, Kamis (20/6).

Investor menyambut tanda-tanda pemulihan ekonomi dengan pertumbuhan indeks saham utama China lebih dari 1% dan bersiap untuk kenaikan bulanan terbesar dalam hampir dua tahun.

Sub-indeks untuk produksi berada di level 52,8, tertinggi sejak Maret 2021. Sementara pesanan baru juga kembali ke wilayah ekspansi untuk pertama kalinya dalam empat bulan, meskipun pertumbuhan tetap lemah.

"Meskipun sektor manufaktur terus pulih bulan ini, 49,3% perusahaan melaporkan pesanan tidak mencukupi. Permintaan pasar yang lemah masih menjadi masalah utama yang dihadapi industri manufaktur," terang Ahli Statistik Senior di NBS Zhu Hong.

Baca Juga: Usai Kripto Dilarang di China, Kini Perdagangan Sekunder Koleksi Digital NFT Disetop

Menurut Zhu, beberapa perusahaan menghadapi tekanan untuk memperoleh margin. Selain itu, mereka kesulitan untuk menjalani operasional yang relatif besar.

Pusat pabrik Shenzhen ditutup selama seminggu pada Maret 2022. Sementara Shanghai, yang terletak di jantung area manufaktur Delta Sungai Yangtze, dikunci ketat sekitar dua bulan sebelum pembatasan dicabut pada 1 Juni.

Survei Amcham China menunjukkan bahwa rantai pasokan menerima beberapa bantuan pada bulan Juni, dengan lebih sedikit perusahaan yang melaporkan gangguan Covid tetapi 98% perusahaan masih mengalami dampak negatif dari Covid.

Analis memperkirakan perbaikan lebih lanjut akan terjadi pada kuartal ketiga. Meskipun target resmi PDB sekitar 5,5% untuk tahun ini akan sulit dicapai kecuali pemerintah mengabaikan kebijakan nol Covid.

"Lonjakan kegiatan ekonomi ini kemungkinan akan menjaga momentum hingga Juli, karena pelonggaran pembatasan mobilitas lebih lanjut terjadi," kata Zhang Zhiwei, kepala ekonom di Pinpoint Asset Management.

"Meskipun demikian, China tetap berpegang pada sikap kebijakan nol-Covid. Saya pikir ini berarti pertumbuhan ekonomi kemungkinan akan tetap di bawah potensinya sebelum kebijakan tersebut dilonggarkan lebih lanjut," tutupnya.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×