kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alexei Navalny, Pemimpin Oposisi Paling Terkenal di Rusia Meninggal


Jumat, 16 Februari 2024 / 20:31 WIB
Alexei Navalny, Pemimpin Oposisi Paling Terkenal di Rusia Meninggal
ILUSTRASI. Alexei Navalny, pemimpin oposisi paling terkenal di Rusia, meninggal pada Jumat


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Alexei Navalny, pemimpin oposisi paling terkenal di Rusia, meninggal pada Jumat setelah pingsan dan kehilangan kesadaran di koloni hukuman di utara Lingkaran Arktik tempat dia menjalani hukuman penjara yang lama, kata layanan penjara Rusia.

Navalny, 47, menjadi terkenal lebih dari satu dekade lalu karena mengecam Presiden Vladimir Putin dan elit Rusia yang dituduhnya melakukan korupsi besar-besaran, keserakahan, dan kemewahan.

Lembaga Pemasyarakatan Federal Distrik Otonomi Yamalo-Nenets mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Navalny merasa tidak enak badan setelah berjalan-jalan di koloni hukuman IK-3 di Kharp, sekitar 1.900 km (1.200 mil) timur laut Moskow.

Baca Juga: Vladimir Putin Diprediksi Bakal Tetap Berkuasa Hingga 2030

"Semua tindakan resusitasi yang diperlukan telah dilakukan, namun tidak membuahkan hasil positif. Dokter menyatakan kematian terpidana," kata layanan penjara, seraya menambahkan bahwa penyebab kematian sedang diselidiki.

Putin telah diberitahu tentang kematian Navalny, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. 

Para pendukung Navalny mengatakan mereka tidak dapat memastikan bahwa dia telah tewas, namun jika dia memang tewas maka mereka yakin dia telah terbunuh.

“Pihak berwenang Rusia menerbitkan pengakuan bahwa mereka membunuh Alexei Navalny di penjara,” tulis ajudan Navalny, Leonid Volkov, di media sosial. 

"Kami tidak punya cara untuk memastikannya atau membuktikan bahwa ini tidak benar," tambahnya.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Putri-putri Putin Dikenai Sanksi oleh AS

Kecaman dengan cepat mengalir dari pemerintah Barat.

“Berita mengerikan tentang Alexei Navalny… Jika laporan tentang kematiannya di penjara Rusia benar, maka ini merupakan kejahatan mengerikan lainnya yang dilakukan rezim Putin,” kata Menteri Luar Negeri Swedia Tobias Billstrom di X.

“Kekejaman terhadap Navalny sekali lagi menunjukkan mengapa kita perlu terus berjuang melawan otoritarianisme,” terangnya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×