kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amazon segera tutup situs Alexa, diduga ini alasannya


Kamis, 09 Desember 2021 / 17:49 WIB
Amazon segera tutup situs Alexa, diduga ini alasannya
ILUSTRASI. The logo of Amazon is seen at the company logistics centre in Boves, France, January 19, 2019. REUTERS/Pascal Rossignol


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON.  Ada kabar mengejutkan. Amazon akan menutup yanan peringkat situs web global dan analisis miliknya, Alexa. Penutupan rencananya  per 1 Mei 2022 mendatang.

Total jenderal hingga akhir hayatnya,  Alexa berumur 25 tahun. “Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami mengambil keputusan sulit. Yakni menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif , penelitian kata kunci, dan lainnya,” tulis Alexa di situs resminya, Rabu (8/12). 

Alexa.com berhenti menawarkan langganan baru sejak 8 Desember 2021. Sementara pelanggan eksisting tetap memiliki akses ke langganan mereka hingga 1 Mei 2022.

Alexa memiliki fungsi yang mirip dengan Google Analytics.Alexa  digunakan untuk melacak kinerja situs web dan pesaing. Situs ini juga menyediakan data lalu lintas web.

Dalam keterangannya, Alexa tidak mengungkapkan alasan di balik penutupan tersebut. Mengutip bleepingcomputer.com, berdasarkan data Semrush,  platform SaaS manajemen visibilitas online, lalu lintas organik Alexa.com terus menurun. Ada kemungkinan dan  diduga inilah penyebab penutupan Alexa oleh perusahaan milik Jeff Bezos itu. 

Di sisi lain, Amazon  memiliki unit bisnis  asisten digital dengan teknologi perintah suara yang juga bernama Alexa. Amazon sepertinya akan fokus di Alexa yang satu ini. Mengutip Daily Mail pekan lalu, Alexa asisten digital ini baru saja menambah fitur dapat mendengarkan air mengalir dan peralatan rumah tangga berbunyi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×