kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anggota Parlemen AS Mendorong untuk Mengganti Nama Kedutaan Taiwan di Washington


Jumat, 04 Februari 2022 / 09:47 WIB
Anggota Parlemen AS Mendorong untuk Mengganti Nama Kedutaan Taiwan di Washington
ILUSTRASI. Taiwan dan AS. REUTERS/Stephen Lam


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Sekelompok bipartisan anggota parlemen AS mengusulkan RUU yang cocok di Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat pada Kamis yang akan mengharuskan Amerika Serikat untuk merundingkan penggantian nama kedutaan secara de facto Taiwan di Washington sebagai "Kantor Perwakilan Taiwan, "sebuah langkah pasti untuk membuat marah Cina.

Saat ini disebut Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei (TECRO), menggunakan nama ibu kota pulau itu.

Jika tindakan tersebut menjadi undang-undang, setiap perubahan nama kantor dapat memberikan perlindungan kepada negara-negara kecil untuk mengambil langkah serupa untuk meningkatkan keterlibatan dengan Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri.

Itu juga pasti akan menciptakan keretakan baru dalam hubungan AS-China, yang sudah berada di titik terendah dalam beberapa dekade ketika Washington berusaha untuk melawan apa yang dilihatnya sebagai pemaksaan ekonomi dan militer Beijing yang berkembang.

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan resmi dengan Taiwan yang diperintah secara demokratis, tetapi merupakan pendukung internasional terbesarnya. RUU tersebut mengarahkan Sekretaris Negara untuk "berusaha masuk ke dalam negosiasi" dengan TECRO untuk mengubah nama kantornya menjadi "Kantor Perwakilan Taiwan."

Senator Republik Marco Rubio dan ketua Demokrat dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat Bob Menendez mensponsori RUU Senat, dengan John Curtis dari Republik dan Chris Pappas dari Demokrat memimpin dalam versi DPR.

Baca Juga: Senator Republik AS Minta Pengawasan Ekspor ke Produsen Chip dari China Diperketat

"AS harus menjelaskan bahwa, terlepas dari semua upaya Partai Komunis China untuk mengintimidasi dan memaksa Taiwan, kekuatan musuh tidak memiliki hak untuk mengklaim kedaulatan atas negara-negara demokratis," kata Rubio.

Menendez mengatakan kepada Reuters bahwa RUU itu konsisten dengan Undang-Undang Hubungan Taiwan yang mendefinisikan hubungan tidak resmi Amerika Serikat dengan Taiwan, dan menunjukkan dukungan Washington untuk Taiwan "untuk menentukan masa depannya sendiri."

"Kita harus mengambil langkah ini untuk memperkuat kemitraan diplomatik kita dengan Taiwan dan melawan upaya berulang China untuk mengancam dan memaksa negara-negara di seluruh dunia," kata Pappas.

Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri AS dan kedutaan besar China di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar. China kesal dengan referensi internasional apa pun ke Taiwan yang dianggapnya menunjukkan bahwa pulau itu adalah negaranya sendiri.

Ini menurunkan hubungan diplomatiknya dengan Lituania dan menekan perusahaan multinasional untuk memutuskan hubungan dengan negara itu setelah Taiwan membuka kantor di Vilnius tahun lalu yang disebut Kantor Perwakilan Taiwan di Lituania.

Beijing, yang tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk memastikan penyatuan akhirnya dengan Taiwan, menyebut status pulau itu sebagai masalah paling sensitif dalam hubungan AS-China dan dasar untuk hubungan antara kedua negara adidaya.




Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×