kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.349   -9,00   -0,06%
  • IDX 7.867   35,41   0,45%
  • KOMPAS100 1.198   5,60   0,47%
  • LQ45 972   5,19   0,54%
  • ISSI 229   1,08   0,47%
  • IDX30 496   2,50   0,51%
  • IDXHIDIV20 596   2,47   0,42%
  • IDX80 136   0,72   0,53%
  • IDXV30 140   0,45   0,33%
  • IDXQ30 166   0,73   0,44%

Apa yang Perlu Diketahui Tentang Program Senjata Nuklir Korea Utara?


Jumat, 13 September 2024 / 15:52 WIB
Apa yang Perlu Diketahui Tentang Program Senjata Nuklir Korea Utara?
ILUSTRASI. Jumat (13/9), Korea Utara merilis foto pertama dari situs pengayaan uranium yang dirancang untuk memproduksi bahan bakar tingkat senjata untuk bom nuklirnya.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara makin agresif mengembangkan persenjataan nuklir. Jumat (13/9), Korea Utara merilis foto pertama dari situs pengayaan uranium yang dirancang untuk memproduksi bahan bakar tingkat senjata untuk bom nuklirnya.

Berikut ini adalah apa yang kita ketahui tentang persenjataan nuklirnya yang terus bertambah.

Mengapa Korea Utara membangun senjata nuklir?

Korea Utara mengatakan persenjataan senjata nuklir dan rudal balistik diperlukan untuk melawan ancaman dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya, yang memerangi Korea Utara selama Perang Korea 1950-1953.

Pyongyang juga sering menggembar-gemborkan senjata tersebut sebagai masalah gengsi nasional dan bukti kekuatan negara tersebut.

Baca Juga: Korea Utara Pamerkan Foto Pertama Situs Pengayaan Uranium yang Dilarang

Korea Utara memiliki kemampuan untuk mengirimkan senjata nuklir pada berbagai sistem rudal berbasis darat, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) dengan jangkauan yang mampu menargetkan benua Amerika Serikat, menurut Asosiasi Pengendalian Senjata yang berbasis di AS.

Para kritikus, termasuk yang berada di Washington dan Seoul, mengatakan senjata-senjata itu mengganggu stabilitas, menimbulkan ancaman bagi negara-negara tetangga Korea Utara, dan mengalihkan sumber daya dari warga negara yang miskin di negara itu.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengeluarkan beberapa resolusi yang melarang pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik Korea Utara, meskipun anggota dewan Rusia dan Tiongkok telah memblokir sanksi-sanksi baru dan menyerukan agar sanksi-sanksi yang sudah ada dicabut.

Berapa banyak senjata nuklir yang dimiliki Korea Utara?

Media pemerintah telah menunjukkan foto-foto berbagai jenis hulu ledak, tetapi Korea Utara tidak pernah mengungkapkan jumlah senjata yang dimilikinya, dan para analis serta badan intelijen asing hanya memiliki perkiraan kasar.

Seperti dikutip Reuters, pada bulan Juli, sebuah laporan oleh Federasi Ilmuwan Amerika menyimpulkan bahwa negara itu mungkin telah memproduksi cukup bahan fisil untuk membangun hingga 90 hulu ledak nuklir, tetapi kemungkinan besar telah merakit mendekati 50.

Lee Sang-kyu, seorang ahli teknik nuklir di Institut Analisis Pertahanan Korea Korea Selatan, mengatakan Korea Utara diperkirakan memiliki 80-90 hulu ledak nuklir uranium dan plutonium, dan jumlah itu diperkirakan akan meningkat menjadi 166 pada tahun 2030.

Bagaimana Korea Utara membangun senjata nuklirnya?

Korea Utara memiliki fasilitas yang tersebar di seluruh negeri yang berkontribusi pada program nuklirnya, termasuk tambang tempat uranium mentah dikumpulkan, fasilitas pengayaan dan reaktor nuklir untuk mengubah uranium dan plutonium menjadi bahan bakar bom, dan pabrik perakitan senjata.

Dibangun pada akhir tahun 1950-an dengan bantuan Soviet, Pusat Penelitian Ilmiah Nuklir Yongbyon menampung sedikitnya tiga reaktor yang menurut Korea Utara dimaksudkan untuk menghasilkan listrik.

Negara ini juga memiliki fasilitas fabrikasi bahan bakar dan pabrik pemrosesan ulang plutonium, tempat bahan-bahan bermutu senjata dapat diekstraksi dari batang bahan bakar bekas, menurut Nuclear Threat Initiative (NTI), sebuah lembaga pemikir yang berpusat di Washington.

Ini adalah salah satu kemungkinan lokasi fasilitas pengayaan yang ditunjukkan pada hari Jumat. Korea Utara juga diyakini memiliki lebih banyak sentrifus, termasuk di sebuah lokasi di Kangson.

Baca Juga: Kim Jong Un Bersumpah Meningkatkan Persenjataan Nuklir Secara Eksponensial

Di mana Korea Utara menguji senjatanya?

Situs Uji Nuklir Punggye-ri berada di wilayah pegunungan di timur laut negara itu, sekitar 100 km (62 mil) dari perbatasan dengan China.

Korea Utara telah melakukan keenam uji coba nuklirnya di lokasi tersebut, pada tahun 2006, 2009, 2013, Januari 2016, September 2016, dan September 2017. Analis meragukan klaim Korea Utara bahwa ledakan pada Januari 2016 adalah bom termonuklir pertamanya, tetapi percaya bahwa senjata semacam itu kemungkinan telah diuji pada tahun 2017 dalam ledakan yang jauh lebih besar daripada uji coba sebelumnya.

Semua uji coba telah dilakukan di terowongan yang digali jauh di bawah pegunungan. Ada tiga pintu masuk yang terlihat yang dikenal sebagai Portal Selatan, Portal Timur, dan Portal Barat.

Pintu masuk ke terowongan tersebut diledakkan di depan sekelompok kecil media asing yang diundang untuk melihat pembongkaran tersebut ketika Korea Utara menutup lokasi tersebut pada tahun 2018, dengan mendeklarasikan moratorium yang diberlakukan sendiri terhadap uji coba senjata nuklir.

Baca Juga: Pyongyang: Ancaman Nuklir AS Bakal Dihalangi dengan Kekuatan Nuklir Korea Utara

Kim sejak itu mengatakan bahwa dia tidak lagi merasa terikat oleh moratorium tersebut, karena perundingan denuklirisasi terhenti sejak 2019.

Pada tahun 2022, citra satelit menunjukkan Korea Utara berupaya memulihkan beberapa terowongan, sehingga meningkatkan prospek uji coba baru.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×