kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Foto Satelit: Kapal Rusia Mampir Pelabuhan China Saat Angkut Senjata dari Korea Utara


Kamis, 25 April 2024 / 19:08 WIB
Foto Satelit: Kapal Rusia Mampir Pelabuhan China Saat Angkut Senjata dari Korea Utara
ILUSTRASI. Kapal Angara Rusia


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON - China menyediakan tempat berlabuh untuk kapal kargo Rusia yang disebut AS dan terlibat dalam transfer senjata Korea Utara ke Rusia. Menurut citra satelit yang diperoleh Reuters, publikasi kapal pengangkut senjata ini seiring meningkatnya kekhawatiran AS atas dukungan Beijing terhadap perang antara Rusia dan Ukraina.

Lembaga pemikir Royal United Services Institute (RUSI) Inggris mengatakan, kapal Rusia Angara, yang sejak Agustus 2023 telah memindahkan ribuan kontainer ke pelabuhan Rusia yang diyakini berisi amunisi Korea Utara, telah berlabuh di galangan kapal China di provinsi Zhejiang Timur sejak Februari.

Kehadiran kapal Rusia di pelabuhan China tersebut, menggarisbawahi tantangan yang dihadapi Amerika Serikat dan sekutunya ketika mereka mencoba untuk menghentikan dukungan militer dan ekonomi untuk Rusia.

Baca Juga: Setelah Veto, Rusia Sebut Kekuatan Besar Ingin Mencekik Korea Utara Harus di Stop

Ketika Ukraina mulai kehabisan amunisi dan kembali diserang Rusia, para pejabat AS semakin mengeluarkan peringatan keras tentang apa yang mereka katakan sebagai bantuan China untuk membangun kembali militer Rusia setelah kemunduran awal dalam perang Ukraina.

Dukungan tersebut diperkirakan akan menjadi agenda utama minggu ini ketika Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengunjungi Beijing pekan ini.

Diplomat peringkat kedua Departemen Luar Negeri, Kurt Campbell, mengatakan bulan ini bahwa Washington tidak akan “diam saja” jika Beijing meningkatkan dukungannya terhadap Moskow.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan pihaknya mengetahui “laporan sumber terbuka yang kredibel” bahwa Angara saat ini ditambatkan di pelabuhan China dan telah menyampaikan masalah ini kepada pihak berwenang China.

Baca Juga: Intelijen Rusia: Kepala Mata-Mata Putin Kunjungi Korea Utara

“Kami menyerukan kepada semua negara anggota untuk memenuhi kewajiban mereka berdasarkan UNSCR 2397,” kata pejabat tersebut, mengacu pada resolusi PBB yang membatasi perdagangan dengan Korea Utara dan mewajibkan negara-negara PBB untuk membatalkan pendaftaran kapal apa pun yang terlibat dalam kegiatan terlarang.

“Ketika Menteri Blinken bertemu dengan rekan-rekannya di RRT minggu ini, dia akan membahas berbagai kekhawatiran, termasuk perang Rusia melawan Ukraina dan hubungan Rusia-DPRK,” kata juru bicara tersebut, merujuk pada China dan Korea Utara dengan inisial nama resmi mereka.

Gambar satelit yang diperoleh RUSI dalam beberapa bulan terakhir dari perusahaan termasuk perusahaan pencitraan Bumi yang berbasis di San Francisco, Planet Labs PBC, menunjukkan Kapal Angara berlabuh di Galangan Kapal Zhoushan Xinya di Zhejiang, yang dalam situs webnya menyatakan bahwa mereka adalah perusahaan reparasi kapal swasta terbesar di China.

Kapal tersebut diidentifikasi melalui transponder sistem identifikasi otomatis (AIS) unik yang telah dihidupkan sebentar, kemungkinan besar demi alasan keselamatan, saat menavigasi jalur sibuk Selat Korea dalam perjalanan ke China .

RUSI mengatakan bahwa sebelum tiba di China pada tanggal 9 Februari 2024, tampaknya untuk perbaikan atau pemeliharaan, Angara telah berlabuh pada bulan Januari di pelabuhan Korea Utara dan Rusia dengan transponder dimatikan. Transmisinya kembali berhenti tak lama setelah tiba di China.

Baca Juga: AS Sebut Rusia Terima Bantuan Rudal Balistik dari Korea Utara

SETIDAKNYA 11 PERJALANAN KE RUSIA

Kapal Rusia tersebut, yang diberi sanksi oleh A.S. pada bulan Mei 2022, telah melakukan setidaknya 11 pengiriman antara pelabuhan Rajin di Korea Utara dan pelabuhan Rusia mulai Agustus 2023, menurut RUSI, yang telah melacak pergerakannya sebagai bagian dari proyek untuk menggunakan sumber terbuka data untuk memantau jaringan penghindaran sanksi Korea Utara.

Kedutaan Besar China di Washington mengatakan pihaknya tidak mengetahui rincian terkait Angara, namun China “selalu menentang sanksi sepihak dan yurisdiksi jangka panjang yang tidak memiliki dasar hukum internasional atau mandat dari Dewan Keamanan.”

Kementerian Luar Negeri China juga mengatakan pihaknya tidak memiliki informasi mengenai masalah tersebut.

Baca Juga: Di Forum PBB, Rusia dan AS Bedebat Soal Senjata Nuklir di Luar Angkasa

Amerika Serikat dan puluhan negara lain pada awal tahun ini mengatakan bahwa pengiriman senjata Korea Utara ke Rusia “secara terang-terangan” melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB.

Joseph Byrne, peneliti di RUSI, mengatakan pemerintah China harus mengetahui bahwa kapal yang disetujui AS itu berlabuh di galangan kapalnya.

“Jika mereka membiarkan (Angara) berlayar keluar dari pelabuhan tanpa pemeriksaan dan baru diperbaiki, maka hal itu menunjukkan China kemungkinan tidak akan mengambil tindakan apa pun terhadap kapal-kapal Rusia tersebut,” kata Byrne.

Washington telah berulang kali meminta China untuk tidak membantu upaya perang Moskow sejak invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, yang terjadi hanya beberapa minggu setelah Rusia dan China mendeklarasikan “kemitraan tanpa batas.”

Baca Juga: Korea Utara Klaim Sukses Luncurkan Satelit Mata-Mata Pertamanya, Jepang Marah

Blinken pekan lalu mengkritik dukungan China terhadap industri pertahanan Rusia, dengan mengatakan bahwa Beijing saat ini merupakan kontributor utama perang Moskow di Ukraina melalui penyediaan komponen penting untuk persenjataan.

Kementerian Luar Negeri Rusia, dan Galangan Kapal Zhoushan Xinya tidak menanggapi permintaan komentar mengenai Angara.

Situs web perusahaan menyatakan bahwa kliennya berasal dari seluruh Asia, Eropa, dan Amerika Serikat dan memiliki “kerja sama strategis” dengan perusahaan pelayaran global, termasuk Maersk dan Evergreen Marine Corp Taiwan, serta kemitraan dengan perusahaan teknologi Eropa.

Baik Rusia dan Korea Utara telah berulang kali menepis kritik atas dugaan pengiriman senjata tersebut. Moskow mengatakan pihaknya akan mengembangkan hubungan dengan negara mana pun yang diinginkannya dan kerja samanya dengan Pyongyang tidak bertentangan dengan internasional.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×