Apa yang Terjadi jika Asteroid Raksasa Menghantam Bumi? Begini Kata Ilmuwan

Selasa, 01 Februari 2022 | 12:24 WIB   Penulis: Arif Budianto
Apa yang Terjadi jika Asteroid Raksasa Menghantam Bumi? Begini Kata Ilmuwan

ILUSTRASI. Apa yang terjadi jika asteroid raksasa menghantam Bumi? Begini kata ilmuwan.


KONTAN.CO.ID - Apa yang terjadi jika asteroid raksasa menghantam Bumi? Begini kata para ilmuwan mengenai dampak bila asteroid raksasa menghantam Bumi.

Sekelibat pemberitaan tentang asteroid yang mendekat ke Bumi mungkin kerap kali Anda simak beberapa waktu terakhir. NASA juga mengungkapkan, tidak ada asteroid berbahaya yang datang untuk memengaruhi planet yang dihuni banyak makhluk hidup ini.

Namun, tidak jarang beberapa orang yang mungkin bertanya-tanya, apa yang terjadi jika asteroid menabrak Bumi?

Dikutip dari Science Times, menurut The Sun, dampak asteroid yang menabrak Bumi tergantung pada ukurannya.

Dampak asteroid bisa menyebabkan kepunahan dan para ilmuwawn telah mengembangkan simulasi untuk menentukan seberapa buruk hal tersebut bisa terjadi.

Sementara menurut laporan TweakTown, asteroid mempengaruhi planet ini, meskipun karena diameternya yang minimal, batu dari angkasa luar ini terbakar di atmosfer Bumi, bahkan sebelum sampai ke permukaan.

Tidak banyak asteroid yang sampai ke permukaan, meskipun jika ada dan cukup besar, dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh penghuni Bumi. 

Para ilmuwan memberikan contoh asteroid yang sampai ke permukaan Bumi. Adalah asteroid yang menyebabkan kepunahan Dinosaurus, diperkirakan memiliki diameter tujuh setengah mil dan bergerak dengan kecepatan sekitar 27.000 mil per jam.

Baca Juga: Planet yang Jauh Ini Dianggap Mirip Bumi, Kemungkinan Punya Lapisan Ozon Serupa

Ilustrasi Asteroid dekati Bumi

Di sisi lain, profesor fisika dan astronomi Britt Scharringhausen dari Beloit College menjelaskan apa yang terjadi bila asteroid menghantam Bumi.

Dalam penjelasannya, Bumi akan mengalami gelombang kejut, kebakaran, hujan asam, gempa bumi, musim dingin, dan matahari yang terhalang selama sekitar dua tahun.

Dia menambahkan, meskipun jika efek skala ini terjadi, tidak semua kehidupan di planet ini akan berakhir. Bahkan, manusia bisa menjadi salah satu spesies yang masih hidup. 

Baca Juga: Mengenal Asteroid 2022 AA yang Akan Mendekati Bumi Bulan Depan, Apa Dampaknya?

Semua abu yang berasal dari api serta puing-puing jari dari efeknya akan menggantung di atmosfer untuk beberapa waktu. Bumi terekena dampak yang dikenal sebagai dampak musim dingin.

Soalnya, abu dan puing-puing tersebut yang menghalangi sinar matahari, dan seluruh abu yang satuh ke laut mengasamkan lapisan atas. Oleh karena itu, benda-benda terbakar, semua yang ada di lautan terbunuh, dan Bumi menjadi beku. 

Ini kemudian akan terjadi selama sekitar dua tahun musim dingin yang konstan.

Terlepas dari semua itu, kita semua berharap tidak ada kejadian atau fenomena yang mengerikan terkait asteroid yang menghantam Bumi di masa yang akan datang.

Kendati demikian, para ahli kabarnya masih skeptis mengenai pertahanan Bumi dari benda atau objek dari angkasa luar yang berpotensi berbahaya.

NASA telah meluncurkan misi untuk meningkatkan pertahanan Bumi lewat DART dengan pesawat ruang angkasa yang akan menghantam asteroid. Misi ini bertujuan untuk membelokkan asteroid sehingga keluar dari jalur yang berpotensi mendekati Bumi.

Editor: Arif Budianto

Terbaru