Arab Saudi Jual Sukuk Baru dan Buyback Utang Jangka Pendek US$ 15,5 Miliar

Rabu, 19 Oktober 2022 | 12:26 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Arab Saudi Jual Sukuk Baru dan Buyback Utang Jangka Pendek US$ 15,5 Miliar

ILUSTRASI. Arab Saudi akan menerbitkan sukuk baru total US$ 5 miliar dalam dua seri.


KONTAN.CO.ID - RIYADH. Arab Saudi bakal menjual obligasi dan sukuk. Tak hanya itu, mereka juga akan menawarkan untuk membeli kembali sebagian dari utangnya yang ada.

Mengutip Bloomberg, Rabu (19/10), pengekspor minyak terbesar dunia ini akan menjual sukuk senilai US$ 2,5 miliar yang jatuh tempo dalam enam tahun dan US$ 2,5 miliar yang jatuh tempo dalam 10 tahun.

Pada saat yang sama, Arab Saudi juga menggelar penawaran tender untuk buyback surat utang hingga total $ 15,5 miliar. Surat utang yang akan dibeli kembali ini jatuh tempo pada tahun 2023, 2025, dan 2026. Batas waktu tender offer ini adalah 24 Oktober.

Baca Juga: Harga Minyak Merangkak Naik Meski Ada Prediksi Penurunan Permintaan

“Arab Saudi tidak benar-benar membutuhkan uang itu. Ini adalah cara yang baik untuk tetap terlibat dengan pasar modal utang internasional, sambil melakukan beberapa manajemen kewajiban dalam menyelesaikan jatuh tempo utangnya,” kata Abdul Kadir Hussain, kepala manajemen aset pendapatan tetap di Arqaam Capital yang berbasis di Dubai. 

Sebagai informasi, obligasi yang diterbitkan oleh negara-negara Teluk Arab telah mengungguli rekan-rekan pasar berkembang mereka tahun ini. Kenaikan harga minyak meningkatkan posisi fiskal dan neraca berjalan negara produsen minyak. 

Baca Juga: Harga Minyak Terungkit, Kebijakan Moneter Longgar China Imbangi Kekhawatiran Resesi

Ditambah, Investor juga tertarik pada utang dengan peringkat lebih tinggi di tengah meningkatnya kekhawatiran akan resesi global. Arab Saudi memiliki peringkat A1 dari Moody's Investors Service, peringkat keempat tertinggi.

BNP Paribas SA, Goldman Sachs Group Inc. dan HSBC Holdings Plc adalah bookrunners dan manajer dealer untuk penawaran surat utang Arab Saudi.

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru