kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Dunia Setujui Paket US$ 723 Juta dalam Bentuk Pinjaman dan Hibah untuk Ukraina


Selasa, 08 Maret 2022 / 10:23 WIB
Bank Dunia Setujui Paket US$ 723 Juta dalam Bentuk Pinjaman dan Hibah untuk Ukraina
ILUSTRASI. Bank Dunia Setujui Paket US$ 723 Juta dalam Bentuk Pinjaman dan Hibah untuk Ukraina


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Bank Dunia telah menyetujui paket pinjaman dan hibah senilai US$ 723 juta untuk Ukraina, dalam rangka memberikan dukungan anggaran pemerintah yang sangat dibutuhkan saat negara itu memerangi invasi Rusia.

Mengutip Reuters (8/3), paket itu termasuk tambahan pinjaman US$ 350 juta untuk pinjaman Bank Dunia sebelumnya, ditambah sekitar US$ 139 juta melalui jaminan dari Belanda dan Swedia.

Selain itu, juga mencakup US$ 134 juta dalam bentuk hibah dari Inggris, Denmark, Latvia, Lithuania dan Islandia sebagai bagian dari dana perwalian yang akan terus menerima kontribusi hibah atas nama Ukraina.

Baca Juga: Google Mendeteksi Aktivitas Hacker Rusia, Belarusia, dan China di Ukraina

Sementara, Jepang menyediakan pembiayaan paralel sebesar US$ 100 juta.

Seorang juru bicara Bank Dunia mengatakan dana itu diharapkan akan ditransfer ke pemerintah Ukraina dalam beberapa hari ke depan.

Bank Dunia mengatakan dukungan pencairan cepat akan membantu pemerintah Ukraina menyediakan layanan penting, membayar pekerja rumah sakit, mendanai pensiun dan melanjutkan program sosial.

"Kelompok Bank Dunia mengambil tindakan cepat untuk mendukung Ukraina dan rakyatnya dalam menghadapi kekerasan dan gangguan ekstrim yang disebabkan oleh invasi Rusia," kata Presiden Bank Dunia David Malpass dalam sebuah pernyataan. 

Baca Juga: Konflik Rusia-Ukraina Diprediksi Berdampak Terbatas ke Kurs Rupiah

David pun bilang Bank Dunia akan berdiri bersama rakyat Ukraina dan kawasan tersebut. Paket pinjaman ini adalah langkah pertama dari banyak langkah yang pihaknya ambil untuk membantu mengatasi dampak ekonomi dan kemanusiaan yang luas dari krisis ini.

Bank tersebut mengatakan akan terus mengerjakan paket dukungan senilai US$ 3 miliar lainnya untuk Ukraina dalam beberapa bulan mendatang dan dukungan tambahan untuk negara-negara tetangga yang menerima pengungsi Ukraina yang sekarang melebihi 1,7 juta, kebanyakan wanita, anak-anak dan orang tua.




TERBARU

[X]
×