kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank of Japan pangkas pertumbuhan dan target inflasi, menjaga kebijakan tetap stabil


Kamis, 29 Oktober 2020 / 10:37 WIB
Bank of Japan pangkas pertumbuhan dan target inflasi, menjaga kebijakan tetap stabil
ILUSTRASI. Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda. REUTERS/Johannes P. Christo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Bank of Japan memangkas proyeksi ekonomi dan inflasi untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2021, meningkatkan ekspektasi akan mempertahankan stimulus besar-besaran untuk sementara waktu demi meredam efek Covid-19.

Mengutip Reuters, Kamis (29/10), seperti yang diharapkan secara luas, bank sentral mempertahankan kebijakan moneter stabil, termasuk target -0,1% untuk suku bunga jangka pendek dan berjanji untuk menjaga bunga jangka panjang sekitar 0%.

BOJ juga tidak membuat perubahan pada paket langkah-langkah untuk meringankan ketegangan pendanaan perusahaan yang disebabkan oleh pandemi virus corona.

"Ekonomi Jepang kemungkinan akan membaik sebagai tren karena dampak pandemi virus corona secara bertahap mereda, meskipun laju pemulihan akan moderat," kata BOJ dalam laporan triwulanan tentang prospek ekonomi dan harga seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Gubernur BOJ Kuroda: Ekonomi Jepang akan terus pulih dari rasa sakit corona

"Ada ketidakpastian yang sangat tinggi pada prospek," kata laporan itu, menambahkan bahwa risiko pada proyeksi ekonomi dan harga condong ke sisi bawah.

Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda diperkirakan akan mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan keputusan kebijakan dan dan laporan tersebut.

Dalam laporan triwulanan, BOJ mengatakan mereka memperkirakan ekonomi akan turun 5,5% pada tahun fiskal saat ini yang berakhir Maret 2021. Itu adalah penurunan yang lebih besar dari penurunan 4,7% yang diproyeksikan dalam laporan sebelumnya di bulan Juli.

Ia mengharapkan inflasi inti turun 0,6% pada tahun fiskal saat ini, sedikit lebih besar dari penurunan 0,5% yang terlihat pada Juli.

Namun, BOJ merevisi perkiraannya untuk tahun fiskal berikutnya yang dimulai pada April 2021 menjadi peningkatan 3,6%, dibandingkan dengan ekspansi 3,3% yang terlihat pada Juli.

Selanjutnya: BOJ akan pertahankan stimulus, siap melakukan aksi jika ekonomi jatuh lebih dalam




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×