kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baru sekarang Amerika mewajibkan pakai masker di moda transportasi umum


Minggu, 31 Januari 2021 / 09:24 WIB
Baru sekarang Amerika mewajibkan pakai masker di moda transportasi umum
ILUSTRASI. Lila Blanks memegang peti mati suaminya, Gregory Blanks, 50, yang meninggal karena virus corona (COVID-19), menjelang pemakamannya di San Felipe, Texas, AS, Selasa (26/1/2021).


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atawa Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS) mengeluarkan perintah pada Jumat malam yang mewajibkan penggunaan masker wajah di hampir semua bentuk transportasi umum pada Senin (1/2). Kewajiban ini muncul setelah AS terus melaporkan ribuan kematian akibat Covid-19 per hari.

Perintah yang akan berlaku pada pukul 23.59 pada hari Senin, mengharuskan penggunaan masker wajah oleh semua pengguna pesawat, kapal, kereta api, kereta bawah tanah, bus, taksi, dan transportasi umum dan di pusat transportasi seperti bandara, terminal bus atau feri, kereta api dan kereta bawah tanah stasiun dan pelabuhan laut.

Presiden AS Joe Biden pada 21 Januari memerintahkan lembaga pemerintah untuk segera mengambil tindakan untuk meminta penggunaan masker di bandara dan di pesawat komersial, kereta api, dan kapal laut umum, termasuk feri, layanan bus antarkota, dan semua transportasi umum.

Di bawah Donald Trump, yang menjadi presiden hingga 20 Januari, dorongan CDC untuk mengamanatkan masker dalam perjalanan diblokir. Badan tersebut malah hanya mengeluarkan rekomendasi kuat untuk penggunaan masker. Trump juga menolak upaya Kongres untuk mengamanatkan penggunaan masker.

Baca Juga: Siap melawan AS, militer Iran klaim miliki cadangan rudal yang cukup

"Penggunaan masker pada sistem transportasi kami akan melindungi orang AS dan memberikan keyakinan bahwa kami dapat sekali lagi melakukan perjalanan dengan aman bahkan selama pandemi ini," ungkap perintah penggunaan masker setebal 11 halaman yang ditandatangani oleh Marty Cetron, direktur Divisi Migrasi Global dan Karantina CDC.

Maskapai penerbangan dan sebagian besar moda transit sudah mewajibkan masker. Tapi, perintah CDC resmi membuat orang yang tidak mengenakan masker menjadi melanggar hukum federal yang dapat memudahkan pramugari dan orang lain untuk menegakkannya.

Sebuah grup maskapai penerbangan AS mengungkapkan kepada Biden bahwa maskapai penerbangan harus melarang ribuan penumpang dari penerbangan karena tidak mematuhi kebijakan masker maskapai.

CDC mengatakan, orang-orang yang melanggar perintah tersebut berpotensi menghadapi hukuman pidana, tetapi hukuman sipil akan lebih mungkin terjadi jika diperlukan. Perintah tersebut akan diberlakukan oleh Administrasi Keamanan Transportasi dan agen federal, negara bagian dan lokal.

Baca Juga: Update corona global 31 Januari 2021: 103 juta kasus, 2,2 juta orang meninggal

Perintah tersebut mengatakan, penumpang harus memakai masker saat transit kecuali untuk waktu singkat, seperti makan, minum, atau minum obat. Masker dapat dibeli dari pabrikan atau dibuat sendiri.

Satu-satunya pengecualian adalah untuk wisatawan yang berusia kurang dari dua tahun dan untuk mereka yang memiliki kondisi medis tertentu. Orang yang mengendarai mobil pribadi dan pengemudi truk komersial tunggal tidak harus memakai masker.

Maskapai penerbangan AS menyuarakan keprihatinan minggu ini tentang permintaan penumpang untuk memilih tidak memakai masker dengan alasan kesehatan. Perintah CDC mengatakan maskapai penerbangan dan operator lain harus secepat mungkin, menurunkan siapa pun yang menolak untuk mematuhinya.

Perintah CDC mengatakan, maskapai penerbangan dan moda transit lainnya mungkin memerlukan dokumentasi medis dan konsultasi oleh spesialis medis serta mewajibkan tes Covid-19 negatif dari penumpang untuk naik pesawat atau moda transportasi lainnya.

Baca Juga: Xiaomi menggugat Menteri Pertahanan dan Menteri Keuangan AS, ada apa?

CDC mengatakan minggu ini bahwa pihaknya menimbang kemungkinan persyaratan tes Covid-19 negatif untuk perjalanan udara domestik setelah mewajibkan untuk hampir semua perjalanan internasional yang berlaku pada 26 Januari. Tapi, prospek pengujian Covid-19 domestik menyebabkan tentangan kuat dari maskapai penerbangan dan kelompok lain.

Agen federal harus menyerahkan rencana selambat-lambatnya hari Jumat untuk menegakkan perintah Biden terpisah yang mewajibkan penggunaan masker di semua gedung federal dan di semua lokasi federal.

Memo Gedung Putih pada 24 Januari mengatakan, perjalanan domestik untuk karyawan federal harus dibatasi hanya pada perjalanan yang sangat penting, dan tingkat hunian di kantor federal harus dibatasi hingga 25% selama periode prevalensi komunitas yang tinggi. 

Baca Juga: Taiwan melaporkan kematian Covid-19 pertama dalam 8 bulan




TERBARU

[X]
×