kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45851,51   -10,93   -1.27%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Begini kondisi pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi corona


Kamis, 30 Juli 2020 / 15:56 WIB
Begini kondisi pelaksanaan ibadah haji di tengah pandemi corona
ILUSTRASI. Ibadah haji di Mekah dengan jaga jarak karena pandemi virus corona

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Riyadh. Pelaksanaan ibadah haji di Mekah tahun ini akhirnya terlaksana meski sempat akan dibatalkan. Meski demikian, pelaksanaan ibadah haji 2020 berlangsung dalam pembatasan jumlah peserta untuk mencegah penyebaran virus corona. Bagaimana pelaksanan ibadah haji di tengah pandemi corona?

Jemaah haji mulai melaksanakan rangkaian ibadah haji di Arab Saudi pada Rabu (29/7/2020) dengan skala kecil meski wabah virus corona belum berakhir. Melansir AFP, hanya sekitar 1.000 jemaah Muslim yang mampu menjalankan Rukun Islam kelima di Tanah Suci pada 29 Juli.

Baca jugaTak perlu repot, 11 bandara ini sudah menyediakan layanan rapid test corona

Angka itu tentu sangat kecil dibanding jumlah jemaah haji biasanya, sekitar 2,5 juta orang dari berbagai penjuru dunia yang berkumpul di Mekkah setiap tahunnya. Kini, Arab Saudi hanya memperkenankan warganya dan warga asing dari 160 negara yang tinggal di kerajaan itu untuk ikut berhaji pada tahun ini. Ada pun penerbangan internasional ke dan dari Arab Saudi telah ditangguhkan sejak Maret silam.

Dalam foto yang dirilis oleh Kementerian Media Saudi ini, sejumlah jemaah haji bergerak dengan jaga jarak, mengelilingi Kabah yang berbentuk kubus dalam ritual pertama haji, karena mereka menjaga jarak sosial untuk membatasi paparan dan potensi penularan virus corona, di Masjidil Haram di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020.

Para jemaah memulai haji dengan berjalan tujuh kali (Tawaf) mengitari Kabah berlawanan dengan arah jarum jam. Kabah adalah bangunan suci berbentuk kubus yang terdapat di dalam Masjid Al Haram di Mekkah. Selama proses tawaf itu, jemaah haji saling menjaga jarak atau menerapkan social distancing.

Dalam menerapkan social distancing, para jemaah berjalan di sepanjang papan yang diletakkan di lantai. Mereka juga tampak membawa payung untuk melindungi diri dari terik sinar matahari.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×