Belum Lama Ditemukan, Sebuah Asteroid Mendekati Bumi Dalam Waktu Dekat

Rabu, 06 Juli 2022 | 11:49 WIB   Penulis: Arif Budianto
Belum Lama Ditemukan, Sebuah Asteroid Mendekati Bumi Dalam Waktu Dekat

ILUSTRASI. Belum Lama Ditemukan, Sebuah Asteroid Mendekati Bumi Dalam Waktu Dekat


KONTAN.CO.ID - Baru ditemukan, sebuah asteroid dilaporkan akan mendekati Bumi dalam waktu dekat. Bisa dikatakan sebagai anak baru "kemarin", asteroid bernama 2022 NF ini akan melakukan pendekatan terdekatnya pada hari Kamis, 7 Juli 2022 pukul 14:00 PT (Waktu Standar Pasifik).

Dikutip dari Cnet (06/07/2022), baru-baru ini sebuah asteroid baru saja ditemukan. Asteroid bernama 2022 NF ini pertama kali terlihat pada hari Senin (04/07/202).

Kabarnya, asteroid ini akan melakukan pendekatan terdekatnya ke planet kita pada hari Kamis, 7 Juli 2022. Tetapi jangan khawatir, pendekatannya ini benar-benar aman.

Asteroid dekat Bumi ini kabarnya ditemukan sepanjang waktu, terutama yang kecil dan terkadang menyelinap lolos dari pengamatan sebelumnya.

Termasuk asteroid yang berukuran sekitar 5,5 hingga 12 meter ini. Jika dianalogikan, asteroid tersebut seukuran jerapah dewasa dan kontainer pengiriman yang ukurannya panjang.

Dalam perjalanannya, asteroid tersebut akan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi dalam jarak sekitar 90.000 Km.

Baca Juga: Fenomena Astronomi untuk Juli 2022, Ada Supermoon, Komet Raksasa hingga Hujan Meteor

Ilustrasi Asteroid dekati Bumi

Jarak tersebut dikategorikan cukup dekat, tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena asteroid tersebut akan benar-benar aman ketika melewati Bumi pada jarak terdekatnya.

Jika Anda tertarik untuk melihat perjalanan asteroid 2022 NF ini, Anda dapat melihatnya lewat acara live streaming melalui Proyek Teleskop Virtual melalui kanal resmi YouTube The Virtual Telescope.

Perjalanan asteroid 2022 NF ini akan disiarkan secara live streaming mulai hari Kamis, 7 Juli 2022 pukul 04:00 WIB.

Baca Juga: Umur Tata Surya Masih Stabil Selama 100 Ribu Tahun Lagi Berdasarkan Perhitungan

Berikut ini video live streaming di kanal YouTube resmi The Virtual Telescope Project:

Terlepas dari semua itu, penemuan asteroid 2022 NF yang ukurannya terbilang mungil ini merupakan bukti peningkatan deteksi asteroid dalam beberapa tahun terakhir.

Pusat Studi Objek Dekat Bumi JPL NASA melacak ribuan asteroid dan mengawasi lingkungan luar angkasa kita untuk setiap kemungkinan ancaman. 

Sejauh ini, segala sesuatunya terlihat baik dalam waktu dekat, teruatama setelah asteroid 2021 QM1 yang baru-baru ini dihapus dari daftar risiko atau ancaman setelah para ilmuwan mengesampingkan kemungkinan dampak pada tahun 2052.

Apakah Anda tertarik untuk melihat asteroid yang bisa dikatakan sebagai anak baru "kemarin" ini? 

Editor: Arif Budianto

Terbaru