kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertempur melawan Covid-19, Xi Jinping dipuji karena strategi lockdown kota Wuhan


Kamis, 10 September 2020 / 06:09 WIB
Bertempur melawan Covid-19, Xi Jinping dipuji karena strategi lockdown kota Wuhan
ILUSTRASI. Chinese President Xi Jinping attends the closing session of the National People's Congress (NPC) at the Great Hall of the People in Beijing, China May 28, 2020. REUTERS/Carlos Garcia Rawlins


Sumber: Xinhua | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China baru saja selesai menggelar acara pertemuan untuk memberikan penghargaan kepada para teladan dalam perang melawan epidemi COVID-19 di Balai Besar Rakyat di Beijing.

Dalam kesempatan itu, sosok Presiden China Xi Jingping mendapat perhatian luas seiring dengan perubahan permainan yang dilakukannya. Keputusan yang dibuat oleh Xi pada titik penting pertempuran anti-epidemi dinilai sangat tepat, yakni: mengunci pusat kota besar Wuhan.

Xinhua memberitakan, Wuhan yang memiliki jumlah penduduk 10 juta lebih itu menekan tombol "pause" untuk menahan penyebaran virus corona baru, setelah instruksi Xi pada sore hari tanggal 22 Januari. Instruksi lockdown menyebabkan penangguhan semua transportasi umum dan perjalanan keluar serta larangan orang-orang untuk keluar rumah.

Hanya setelah 76 hari upaya sulit yang dipimpin oleh Xi, warga Tiongkok mencapai hasil yang menentukan dalam pertempuran defensif Wuhan melawan musuh tak terlihat, dan membuat pencapaian strategis dalam kampanye pencegahan dan pengendalian epidemi nasional.

Baca Juga: Presiden Xi: China pimpin dunia dalam pemulihan ekonomi dan perang lawan virus corona

Xi mengatakan, pengambilan keputusan itu membutuhkan keberanian politik yang luar biasa. "Tapi waktu itu membutuhkan tindakan tegas. Kalau tidak, akan ada masalah," katanya seperti yang dikutip Xinhua.

Xi telah menekankan untuk mengutamakan kehidupan dan kesehatan orang dan menempatkan kepentingan mereka di atas hal lain. Dia mengatakan semua tindakan pencegahan dan pengendalian oleh Komite Sentral BPK diambil dengan tujuan utama mencegah infeksi di antara orang-orang dan menyelamatkan nyawa.

Baca Juga: Xi Jinping: Kami telah melewati ujian yang luar biasa dan bersejarah

"Itu adalah langkah penting untuk menahan penyebaran Covid-19 selama tahap awal wabah, dan secara signifikan membantu memangkas tingkat infeksi di tempat lain," kata Ding Xiangyang, wakil sekretaris jenderal Dewan Negara, kabinet China.

Seorang pejabat senior di Komisi Kesehatan Nasional menilai, lockdown Wuhan merupakan salah satu langkah kesehatan masyarakat yang paling ketat dan komprehensif dalam sejarah manusia modern, dan terbukti efektif dalam mengekang penyebaran virus mematikan.

Selanjutnya: Xi Jinping beri penghargaan ke 4 pahlawan yang berjuang melawan virus corona




TERBARU

[X]
×