kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bikin Film Kesuksesan Korut Atasi Masa Sulit 2021, Kim Jong Un Tampak Pincang


Rabu, 02 Februari 2022 / 05:37 WIB
Bikin Film Kesuksesan Korut Atasi Masa Sulit 2021, Kim Jong Un Tampak Pincang
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. KCNA melalui REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PYONGYANG. Sebuah film dokumenter Korea Utara pada hari Selasa (1/2/2022) menunjukkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjalan pincang saat ia menangani "kesulitan terburuk" negara miskin itu di tengah pandemi virus corona dan sanksi atas program senjatanya.

Melansir Reuters, film yang berjudul "The Great Year of Victory, 2021" yang berdurasi 110 menit itu mencatat serangkaian pencapaian sepanjang tahun termasuk dalam pengembangan rudal, konstruksi, dan upaya untuk mengalahkan pandemi.

Narator berulang kali memuji proyek semacam itu sebagai tanda "kemenangan" yang dipimpin oleh Kim yang terlihat lebih kurus. Hal ini sejalan dengan film dokumenter sebelumnya yang digunakan oleh media pemerintah untuk menunjukkan keberhasilan Kim.

Film tersebut tidak merinci kesulitan yang dihadapi negara itu. Akan tetapi, menurut Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Korea Utara telah menghadapi kekurangan pangan yang semakin dalam di tengah sanksi, kekeringan dan banjir.

Baca Juga: Hwasong-12, Rudal Balistik Korea Utara yang Bisa Terbang hingga 6.000 Km

Korea Utara belum satu pun mengkonfirmasi kasus Covid-19. Namun, negara tersebut telah menutup perbatasannya. 

Korea Utara juga terus mengembangkan sistem senjatanya di tengah kebuntuan pembicaraan yang bertujuan untuk membongkar persenjataan nuklir dan rudal balistiknya sebagai imbalan atas keringanan sanksi AS.

Pada satu titik dalam film tersebut, Kim terlihat berjuang untuk berjalan menuruni tangga darurat selama kunjungan ke lokasi konstruksi di tengah turunnya hujan.

Baca Juga: Lagi-lagi! Korea Utara Uji Coba Rudal Jarak Jauh, Kali Ini Terbesar Sejak 2017

"Video ini menunjukkan sisi keibuannya di mana dia sepenuhnya mendedikasikan tubuhnya sendiri untuk mewujudkan impian orang-orang," kata narator.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×