kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45753,89   -6,43   -0.85%
  • EMAS1.006.000 0,00%
  • RD.SAHAM 1.46%
  • RD.CAMPURAN 0.61%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Bisnis iklan baris eBay dijual ke perusahaan Norwegia senilai Rp 135 triliun


Rabu, 22 Juli 2020 / 19:33 WIB
Bisnis iklan baris eBay dijual ke perusahaan Norwegia senilai Rp 135 triliun
ILUSTRASI. Logo eBay. Bisnis iklan eBay dijual ke perusahaan Norwegia senilai Rp 135 triliun. REUTERS/Brendan McDermid/File Photo

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - LONDON. Adevinta, perusahaan iklan online asal Norwegia akan mengakuisisi bisnis iklan baris eBay senilai US$ 9,2 miliar atau sekitar Rp135 triliun. Kesepakatan itu bakal membuat Adevinta jadi perusahaan iklan baris terbesar di dunia.

Berdasarkan kesepakatan, eBay akan menerima pembayaran US$ 2,5 miliar dalam bentuk tunai dan 540 juta dalam bentuk saham Adevinta atau sekitar 44% dengan 33,3% suara.

Baca Juga: Biden pertimbangkan perempuan kulit hitam jadi calon wakil presiden Amerika Serikat

Kepala Eksekutif Adevinta Rolv Erik Ryssdal mengatakan, perusahaan gabungan itu nantinya akan akan hadir di 20 negara dimana Eropa bakal jadi pasar terbesar. Pendapatan Adevinta diperkirakan akan mencapai US$ 1,8 miliar dan EBITDA akan mendekati US$ 600 juta."Kesepakatan ini membuat Adevinta jadi grup iklan baris online terbesar di dunia dengan portofolio brand yang unik," kata Ryssdal dikutip Reuters, Rabu (22/7).

Sumber Reuters mengatakan, Adevinta mempermanis penawaran dengan menawarkan sahamnya lebih besar agar bisa memenangkan akuisisi dari sejumlah pesaingnya. Ia bilang, Jamie Iannone, Kepala Eksekutif eBay mendukung proposal Adevinta dan membujuk dewan perusahaan keuntungan menerima penawaran tersebut.

Adevinta tercatat memiliki sejumlah brand seperti Leboncoin yakni situs web iklan baris online terbesar di Prancis, OLX di Brasil dan puluhan lainnya di Eropa, Amerika, dan Afrika Utara.

Sementara eBay Classifieds Group mencakup merek Gumtree dan Kijiji, serta menawarkan iklan online ke lebih dari 1.000 kota di seluruh dunia. Bisnis ini menyumbang pendapatan operasi sebesar US$ 83 juta terhadap total pendapatan eBay sebesar $ 248 juta pada kuartal pertama 2020.

Baca Juga: Amerika Serikat tuntut China tutup konsulat di Houston, Beijing siapkan aksi balasan

Transaksi ini diperkirakan akan rampung pada kuartal I 2020 dan ditargetkan akan menghasilkan efisiensi tahunan sekitar US$150 juta - US$185 juta terhadap EBITDA dalam waktu tiga tahun.


Tag

TERBARU

[X]
×