kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blackstone menjual aset senilai US$ 3 miliar ke ESR Cayman


Minggu, 18 April 2021 / 22:17 WIB
Blackstone menjual aset senilai US$ 3 miliar ke ESR Cayman
ILUSTRASI. Blackstone Group


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Blackstone Group telah sepakat untuk menjual portofolio aset gudang dan logistik di kota-kota terbesar di Australia kepada investor properti ESR Cayman Ltd. di kisaran harga US$ 3 miliar, menurut beberapa sumber yang mengetahui hal tersebut.

Melansir artikel yang dimuat Bloomberg, Minggu (18/4) kesepakatan yang melibatkan sekitar 45 aset yang dimiliki Blackstone Milestone Logistics dapat diumumkan secepatnya pada hari Senin (19/4).

Menurut sumber, ESR telah berhasil mengalahkan penawaran saingan termasuk investor properti lainnya dalam proses tersebut.

Adapun, nilai sebesar US$ 3 miliar itu akan menjadi transaksi real estate terbesar di Australia setidaknya dalam lima tahun terakhir, menurut data yang dihimpun Bloomberg.

Baca Juga: Nilai penawaran Blackstone untuk Crown Resort capai US$ 6,2 miliar

Hal ini juga menggarisbawahi pertumbuhan pergudangan, yang telah menjadi salah satu kelas properti paling dicari, sebagian karena lonjakan belanja online selama pandemi.

Portofolio logistik dikumpulkan oleh Blackstone melalui lusinan transaksi individu yang dimulai dengan kesepakatan dengan pengembang Australia Goodman Group pada 2016.

Portofolio saat ini memiliki 98% hunian dan jangka waktu sewa untuk klien yang rata-rata di atas tujuh tahun.

Kesepakatan itu sebelumnya juga sempat disiarkan oleh Australian Financial Review. Hanya saja, perwakilan Blackstone dan ESR menolak berkomentar mengenai hal tersebut.

Blackstone dalam rencana aksi korporasi ini telah menunjuk Paul Morrissey, seseorang profesional investasi berpengalaman dengan pengalaman ekuitas swasta dan modal ventura yang luas, sebagai Managing Directore untuk memimpin investasi di seluruh Eropa untuk Blackstone Growth (BXG).

Peran yang baru dibuat ini akan membuat Morrissey mengelola ekspansi Eropa untuk BXG, yang baru-baru ini menyelesaikan penutupan terakhir dari dana ekuitas yang mengalami kelebihan permintaan sebesar US$ 4,5 miliar. Nilai tersebut sekaligus menjadi pertumbuhan ekuitas terbesar yang pernah dicatat pihaknya.

Baca Juga: Blackstone akan mengakuisisi unit asuransi jiwa Allstate senilai US$ 2,8 miliar

BXG juga telah beberapa kali melakukan investasi besar di perusahaan-perusahaan Eropa yang sedang naik daun, termasuk Epidemic Sound yang memberikan musik bebas pakai kepada pembuat konten di internet secara global, termasuk investasi ke pelopor susu oat yakni Oatly.

Jon Korngold, Global Head of Blackstone Growth menyebut pihaknya antusias dengan bergabungnya Paul untuk memimpin BXG di Eropa.

"Paul adalah investor ekuitas kelas dunia dan penunjukannya mengarisbawahi komitmen kuat Blackstone untuk bermitra dengan perusahaan Eropa yang tumbuh cepat untuk membantu mereka menjadi pemimpin industri," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×