kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Boeing Starliner Angkut Manusia ke Luar Angkasa Setelah Bertahun-tahun Tertunda


Kamis, 06 Juni 2024 / 15:44 WIB
Boeing Starliner Angkut Manusia ke Luar Angkasa Setelah Bertahun-tahun Tertunda
Roket United Launch Alliance Atlas V yang membawa dua astronot di atas Starliner-1 Crew Flight Test (CFT) Boeing, diluncurkan dalam misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, di Cape Canaveral, Florida, AS 5 Juni 2024. REUTERS/Joe Skipper


Reporter: Aldehead Marinda | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Boeing Co. telah mencapai tonggak sejarah dengan meluncurkan pesawat luar angkasa mereka, CST-100 Starliner, yang membawa astronot NASA menuju orbit.

Penerbangan ini dijadwalkan merapat dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Kamis (6/6), menandai pertama kalinya kapsul Starliner Boeing membawa manusia ke luar angkasa setelah bertahun-tahun penundaan dan pembengkakan biaya. Selain itu, ini juga merupakan pertama kalinya roket United Launch Alliance (ULA) membawa misi berawak.

Dilansir dari Bloomberg (6/6), Starliner lepas landas dari Cape Canaveral, Florida, pada pukul 10:52 waktu setempat. Peluncuran tersebut disambut sorak sorai dari halaman luar wilayah pers NASA saat roket meluncur ke angkasa. Kapsul, yang membawa astronaut veteran NASA Sunita "Suni" Williams dan Barry "Butch" Wilmore, terpisah dari roket ULA sekitar 15 menit setelah peluncuran.

Baca Juga: 1 Tewas Akibat Turbulensi Parah Singapore Airlines, Apa Itu Turbulensi Pesawat?

Sekitar setengah jam kemudian, Starliner mencapai orbit yang stabil, menandai keberhasilan awal yang sangat dinanti-nantikan.

"Banyak wajah bahagia dan sorak-sorai terlihat," kata Brandi Dean, petugas hubungan masyarakat NASA, dalam siaran langsung. "Semua orang senang melihat Starliner berada di orbit dengan aman," tambahnya.

Keberhasilan ini memberikan kabar baik yang sangat diperlukan bagi Boeing, yang sedang menghadapi berbagai masalah dengan pesawat jet andalannya, 737 Max. Saham Boeing naik kurang dari 1% pada pukul 13:20 waktu New York setelah peluncuran.

Starliner akan melakukan serangkaian manuver untuk merapat dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional sekitar pukul 12:15 waktu Florida pada hari Kamis dan akan tinggal di sana selama sekitar satu minggu. 

Baca Juga: Singapore Airlines Turbulensi Parah, Orang-Orang Terlempar ke Udara, Kata Penumpang

Uji coba ini merupakan puncak dari keterlambatan yang disebabkan oleh masalah teknis dan kegagalan sebelumnya, termasuk uji coba yang gagal pada tahun 2019 dan kekhawatiran tentang kebocoran helium yang dipantau NASA sepanjang misi.

Setelah mencapai orbit, tim mengidentifikasi dua kebocoran helium tambahan, menurut seorang juru bicara NASA melalui email. Meskipun demikian, pesawat berada dalam "kondisi stabil" saat pejabat mengevaluasi data dan memantau kebocoran tersebut. Seorang juru bicara Boeing mengatakan perusahaan terus memantau situasi tersebut, namun tampaknya tidak menjadi masalah untuk proses merapat.

NASA menggunakan penerbangan ini untuk membuktikan bahwa Starliner dapat membawa manusia dengan aman ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional di bawah Program Kru Komersial badan antariksa AS. 

Pada tahun 2014, NASA memberikan kontrak senilai US$ 4,2 miliar kepada Boeing dan US$ 2,6 miliar kepada SpaceX milik Elon Musk untuk membuat kendaraan yang mengangkut astronaut ke luar angkasa. Meskipun Starliner tertunda tujuh tahun, SpaceX telah meluncurkan sembilan kru terpisah ke stasiun luar angkasa untuk NASA sejak 2020.

Baca Juga: Lockheed Martin Menangkan Kontrak Pertahanan Rudal AS Senilai US$ 17 Miliar

Selain menjadi uji coba penting bagi Boeing, misi ini juga merupakan momen penting bagi ULA. Roket Atlas V telah meluncurkan 99 misi sukses sebelumnya sebelum membawa astronaut. Boeing adalah salah satu dari dua perusahaan induk ULA, bersama dengan pesaingnya Lockheed Martin Corp.

"Kami sangat bangga bergabung dengan komunitas penerbangan antariksa berawak," kata CEO ULA Tory Bruno.

Sebelum peluncuran sukses ini, Boeing dan NASA mengalami beberapa penundaan. Pada 6 Mei, penerbangan dihentikan beberapa jam sebelum lepas landas karena masalah katup tekanan di roket Atlas V.

Baca Juga: Amerika Dikabarkan Menahan Pengiriman Senjata ke Israel Selama 2 Minggu, Ada Apa?

Peluncuran kemudian ditunda beberapa minggu untuk menyelidiki kebocoran helium. Upaya pada 1 Juni juga dibatalkan kurang dari empat menit sebelum lepas landas karena masalah pada komputer peluncuran.

Meskipun ada masalah sebelumnya, misi ini tampaknya berjalan lancar. Namun, NASA tetap mengawasi alat pendingin yang digunakan selama penerbangan karena komponen tersebut kehabisan air lebih cepat dari yang diharapkan. Radiator Starliner diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut.




TERBARU

[X]
×