kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Saham Australia Menguat, Sektor Perbankan dan Energi Jadi Penopang di Pagi Ini


Rabu, 04 Mei 2022 / 08:58 WIB
Bursa Saham Australia Menguat, Sektor Perbankan dan Energi Jadi Penopang di Pagi Ini
ILUSTRASI. Bursa saham Australia menguat


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - MELBOURNE. Bursa saham Australia menguat pada perdagangan hari ini. Penguatan ditopang oleh saham perbankan dan energi, dengan investor menunggu keputusan suku bunga dari Federal Reserve dan pendekatannya untuk menjinakkan inflasi yang tinggi.

Rabu (4/5) pukul 08.30 WIB, indeks S&P/ASX 200 naik 0,6% ke 7.360,20 poin, setelah jatuh 0,4% pada hari Selasa.

Para investor memperkirakan, The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 bps, terbesar sejak 2000, pada akhir pertemuan FOMC yang digelar dua hari sejak Selasa (3/5).

Kenaikan suku bunga The Fed tersebut selang sehari setelah bank sentral Australia juga mengerek suku bunga pertamanya dalam lebih dari satu dekade.

Pada perdagangan kali ini, saham energi domestik melonjak 1,6%, karena harga minyak naik setelah minyak mentah AS dan stok bahan bakar turun, yang akhirnya memicu kekhawatiran pasokan.

Saham Heavyweights Woodside Petroleum dan Santos, masing-masing melesat lebih dari 1%. Sedangkan saham Beach Energy melonjak 2,3%.

Baca Juga: Bursa Asia Cenderung Menguat di Pagi Ini (4/5), Investor Menanti Kebijakan The Fed

Saham sektor perbankan menguat 0,5%, dengan saham ANZ naik hingga 2% karena kinerja bank tersebut sukses mengalahkan perkiraan untuk laba semester pertama dan memperkirakan peningkatan margin semester kedua.

Sementara itu, saham Commonwealth Bank, Westpac Banking Corp dan National Australia Bank juga menguat, masing-masing naik hampir 1%.

Bank-bank Australia juga menaikkan suku bunga variabel pinjaman rumah mereka sebesar 0,25% per tahun, setelah bank sentral negara itu menaikkan suku bunga menjadi 0,35% dan memperingatkan lebih banyak kenaikan lagi di masa datang.

Saham sektor pertambangan juga naik 0,7%, dengan saham kelas berat seperti BHP Group dan Rio Tinto masing-masing terangkat 0,7% dan 0,8%.

Harga emas batangan yang kuat mendorong saham perusahaan emas naik sebesar 1%, dengan penambang emas terbesar di negara itu Newcrest Mining terangkat 0,4%.

Namun, saham sektor teknologi justru turun 0,5%. Di mana, saham Block Inc yang terdaftar di ASX tergelincir 2,3% dan berada di antara top loser pada sub-indeks




TERBARU

[X]
×