kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

California Akan Melarang Mobil Berbahan Bakar Fosil Mulai Tahun 2035


Kamis, 25 Agustus 2022 / 15:40 WIB
California Akan Melarang Mobil Berbahan Bakar Fosil Mulai Tahun 2035
ILUSTRASI. California Akan Melarang Mobil Berbahan Bakar Fosil Mulai Tahun 2035. Tribunnews/Jeprima


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - LOS ANGELES. Semua mobil baru yang dijual di California pada tahun 2035 harus nol emisi di bawah rencana yang ditetapkan untuk diadopsi oleh negara bagian, ekonomi terbesar di Amerika Serikat itu mendorong evolusi bahan bakar fosil nasional.

Proposal yang akan diperdebatkan oleh Dewan Sumber Daya Udara California (CARB) minggu ini akan meresmikan target yang ditetapkan oleh Gubernur Gavin Newsom dan kemungkinan akan mendorong negara bagian AS lainnya ke arah yang sama.

Rencana tersebut, yang baru-baru ini dikatakan oleh anggota dewan Daniel Sperling kepada CNN bahwa dia "99,9 persen" yakin akan diadopsi, juga mencakup langkah-langkah tambahan yang mengamanatkan lebih dari sepertiga dari penjualan mobil tahun 2026 di negara bagian menjadi nol emisi, dan lebih dari dua pertiga pada tahun 2030.

"Ini sangat monumental", kata Sperling kepada CNN. 

Baca Juga: Miliarder China Bertekad Menguasai Pasar Otomotif Asia Tenggara

"Ini adalah hal terpenting yang telah dilakukan CARB dalam 30 tahun terakhir. Ini penting bukan hanya untuk California, tetapi juga penting bagi negara dan dunia," tambahnya.

Lebih dari 40 juta konsumen California menjadi pasar terbesar di Amerika Serikat. Dengan demikian, aturan yang diberlakukan di sana berdampak pada rencana produksi produsen di seluruh negeri, serta lebih jauh, karena mereka tidak boleh ketinggalan.

Kemungkinan keputusan pada hari Kamis (25 Agustus) datang setelah undang-undang iklim yang ditandatangani minggu lalu oleh Presiden AS Joe Biden, yang menyisihkan ratusan juta dolar dalam bentuk insentif untuk program energi bersih.

Biden dan Partai Demokratnya bergegas untuk membuat landasan kebijakan iklim yang mereka rasa hilang di bawah mantan presiden Donald Trump, yang menarik Amerika Serikat keluar dari Kesepakatan Iklim Paris dan membalikkan apa yang dipandang oleh banyak pemerhati lingkungan sebagai kemajuan yang sudah lemah dalam memerangi bahan bakar fosil. Emisi yang mendorong pemanasan global.

Baca Juga: Eropa Masih Dilanda Krisis Energi, China dan Jepang Mulai Kekurangan Pasokan Listrik

Dalam beberapa tahun terakhir, yurisdiksi di seluruh dunia, terutama di Eropa, telah mengarahkan perhatian mereka pada sektor mobil yang berpolusi. Norwegia bertujuan agar semua mobil baru menghasilkan nol emisi knalpot pada tahun 2025. Inggris, Singapura dan Israel mengincar 2030, sementara Uni Eropa ingin mengakhiri penjualan mobil bensin dan diesel baru pada 2035.

Pemanasan global yang disebabkan oleh manusia telah meningkatkan suhu rata-rata di sekitar planet ini, mempengaruhi pola cuaca dan memperburuk bahaya alam seperti kebakaran hutan dan badai. Para ilmuwan mengatakan tindakan dramatis diperlukan untuk membatasi kerusakan, dan menunjukkan pembatasan emisi dari bahan bakar fosil sebagai kunci pertempuran.




TERBARU

[X]
×