kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 827 Kasus, California Resmi Umumkan Status Darurat Cacar Monyet


Selasa, 02 Agustus 2022 / 10:07 WIB
Catat 827 Kasus, California Resmi Umumkan Status Darurat Cacar Monyet
ILUSTRASI. Tabung reaksi berlabel 'Positif virus cacar monyet'.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - CALIFORNIA. California resmi ada di bawah status darurat cacar monyet setelah gubernur Gavin Newsom mengumumkannya pada hari Senin (1/8). California kini menjadi negara bagian dengan jumlah kasus kedua terbesar setelah New York.

Dilansir dari Reuters, pada hari Senin California telah mengonfirmasi 827 kasus cacar monyet. Jumlah ini hanya tertinggal dari New York dengan 1.390 kasus.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, cacar monyet hingga saat ini telah menginfeksi lebih dari 5.800 orang di Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Virus Cacar Monyet Bermutasi Cepat, Sudah Ditemukan 50 Mutasi Strain Baru di Dunia

Kasus cacar monyet pertama di AS ditemukan di Massachusetts pada 20 Mei. Sementara itu, kasus pertama di California dikonfirmasi lima hari kemudian pada seseorang yang bepergian dari luar negeri.

Pengumuman darurat ini disampaikan Newsom sembilan hari setelah WHO menyatakan darurat kesehatan global atas penyakit cacar monyet. Ini adalah status darurat tertinggi berdasarkan standar WHO.

Setelah ini California akan memberikan hak kepada personel layanan medis untuk mengelola vaksin cacar monyet yang disetujui secara federal.

Baca Juga: Waduh! India Konfirmasi Kematian Cacar Monyet Pertama di Asia

Bulan lalu, para pemimpin kesehatan masyarakat California mendesak pemerintah federal untuk menyediakan lebih banyak dosis vaksin secepat mungkin. Sejauh ini sudah ada 25.000 dosis vaksin cacar monyet yang diberikan di California.

Perhitungan Reuters per hari Senin menunjukkan bahwa cacar monyet telah ditemukan di sekitar 70 negara, dengan kasus global melebihi 22.100.

Pada 22 Juli lalu, WHO bahkan melaporkan ada lima kematian akibat cacar monyet dan semuanya ada di Afrika. Pada hari Senin, India menjadi negara Asia pertama yang melaporkan kematian akibat penyakit ini.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×