kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek Fakta! Bagaimana Bentuk Angkatan Bersenjata Ukraina Melawan Rusia?


Kamis, 24 Februari 2022 / 18:40 WIB
Cek Fakta! Bagaimana Bentuk Angkatan Bersenjata Ukraina Melawan Rusia?
ILUSTRASI. Seorang anggota Angkatan Bersenjata Ukraina berjalan di posisi perang dekat garis pemisah dari pemberontak yang didukung Rusia di dekat Horlivka di Donetsk, Ukraina, Kamis (20/1/2022). Cek Fakta! Bagaimana Bentuk Angkatan Bersenjata Ukraina Melawan Rusia?


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Angkatan bersenjata Ukraina kalah jumlah dan persenjataannya dengan Rusia, tetapi ketika Rusia memulai apa yang mungkin merupakan invasi skala besar, para ahli militer mengatakan mereka akan mampu meningkatkan perlawanan yang signifikan dan menimbulkan banyak korban. 

Tentara Ukraina juga lebih terlatih dan diperlengkapi daripada tahun 2014, ketika Rusia merebut semenanjung Krimea dari Ukraina tanpa perlawanan, dan secara luas dipandang sangat termotivasi untuk mempertahankan jantung negara itu.

Berikut adalah beberapa rincian militer Ukraina:

Melansir Reuters, Kamis (24/2), dalam hal tenaga kerja dan senjata, aritmatika terlihat suram untuk Ukraina.

Baca Juga: Rusia Klaim, Banyak Tentara Ukraina Tinggalkan Posisi dan Letakkan Senjata

Perkiraan sebagian besar pakar militer menyebutkan jumlah pasukan Rusia di dekat perbatasan Rusia dengan Ukraina lebih dari 100.000. Rusia juga telah memindahkan beberapa pasukan ke Belarus, utara Ukraina, untuk latihan militer.

Tentara Rusia memiliki sekitar 280.000 personel dan total angkatan bersenjata gabungannya sekitar 900.000, sementara 2.840 tank tempurnya melebihi jumlah Ukraina dengan lebih dari tiga banding satu, menurut Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) yang berbasis di London.

Perdana Menteri Ukraina mengatakan sebuah dekrit yang baru-baru ini ditandatangani oleh Presiden Volodymyr Zelenskiy - tentang langkah-langkah prioritas untuk memperkuat kemampuan pertahanan negara, meningkatkan daya tarik dinas militer dan transisi bertahap ke tentara profesional - pada akhirnya akan membawa angkatan bersenjata Ukraina menjadi 361.000 personel.

Baca Juga: Rusia Invasi Ukraina, Begini Perbandingan Kekuatan Militer Kedua Negara

Meskipun Ukraina melipatgandakan anggaran pertahanannya secara riil dari 2010 hingga 2020, total pengeluaran pertahanannya pada 2020 hanya berjumlah US$ 4,3 miliar, atau sepersepuluh dari Rusia.

Analis militer mengatakan pertahanan anti-pesawat dan anti-rudal Ukraina lemah, membuatnya sangat rentan terhadap serangan Rusia pada infrastruktur kritisnya. Mereka mengatakan Rusia juga akan berusaha menggunakan keunggulannya dalam peperangan elektronik untuk melumpuhkan komando dan kendali musuhnya dan memutuskan komunikasi dengan unit-unit di lapangan.

Bagaimana Pengalaman Pasukan Ukraina?

Pasukan Ukraina telah memperoleh pengalaman tempur di wilayah Donbass di timur negara itu, di mana mereka telah memerangi separatis yang didukung Rusia sejak 2014, dan sangat termotivasi.

Mereka juga memiliki pertahanan udara jarak pendek dan persenjataan anti-tank, termasuk rudal Javelin yang dipasok AS, yang akan membantu memperlambat kemajuan Rusia.




TERBARU

[X]
×