kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China dan Rusia Kompak Sindir Amerika di Forum Militer Tiongkok, Ada Apa?


Selasa, 31 Oktober 2023 / 06:40 WIB
China dan Rusia Kompak Sindir Amerika di Forum Militer Tiongkok, Ada Apa?
ILUSTRASI. Pada Senin (31/10/2023), para panglima militer China dan Rusia menargetkan Amerika Serikat di forum keamanan di Beijing.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pada Senin (31/10/2023), para panglima militer China dan Rusia menargetkan Amerika Serikat di forum keamanan di Beijing. 

Melansir Reuters, Forum Xiangshan, acara diplomasi militer tahunan terbesar China, sudah dimulai pada hari Minggu tanpa menteri pertahanan Tiongkok yang biasanya menjadi tuan rumah acara tersebut. Akan tetapi, delegasi AS turut hadir dalam forum tersebut.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memperingatkan negara-negara Barat bahwa keterlibatannya dalam perang Ukraina menimbulkan bahaya besar.

“Eskalasi konflik dengan Rusia yang terus terjadi di Barat membawa ancaman bentrokan militer langsung antara kekuatan nuklir, yang penuh dengan konsekuensi bencana,” kantor berita Rusia TASS mengutip pernyataan Shoigu di forum tersebut.

Media pemerintah Rusia itu juga melaporkan, Shoigu mengatakan Barat bermaksud menimbulkan kekalahan strategis terhadap Rusia dalam apa yang disebutnya perang hibrida. Di sisi lain, dia memuji hubungan Rusia-China sebagai teladan. 

Sementara itu, kritikan kepada AS juga datang dari China. Zhang Youxia, wakil ketua Komisi Militer Pusat Tiongkok di bawah Presiden Xi Jinping, menyampaikan kritik terselubung terhadap Amerika Serikat dan sekutunya, dengan menuduh beberapa negara berusaha melemahkan pemerintah China.

Baca Juga: Menhan Rusia: Barat Berusaha Memperluas Perang Ukraina ke Wilayah Asia-Pasifik

Namun Zhang juga menekankan perlunya meningkatkan hubungan militer dengan Amerika Serikat.

“Kami akan memperdalam kerja sama strategis dan koordinasi dengan Rusia dan bersedia, atas dasar saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan, mengembangkan hubungan militer dengan AS,” kata Zhang dalam pidato yang diawasi ketat oleh atase militer dan diplomat. 

Media pemerintah Tiongkok Xinhua melaporkan, Zhang mengadakan pembicaraan dengan Shoigu di sela-sela forum tersebut.

Menteri Pertahanan China pada tahun-tahun sebelumnya telah menyampaikan pidato utama di forum tersebut. Namun, Li Shangfu dipecat sebagai menteri pertahanan pekan lalu tanpa penjelasan dan penggantinya belum ditunjuk.

Reuters melaporkan bulan lalu bahwa Li, yang telah hilang selama dua bulan, sedang diselidiki atas tuduhan korupsi.

China dan AS tidak memiliki komunikasi tingkat tinggi antarmiliter sejak Li ditunjuk sebagai menteri pada bulan Maret.

Departemen Pertahanan AS telah mengirimkan delegasi yang dipimpin oleh Cynthia Xanthi Carras, direktur urusan China dari Kantor Wakil Menteri Pertahanan.

Carras sempat melakukan percakapan singkat dengan juru bicara Kementerian Pertahanan Wu Qian di forum tersebut. Demikian laporan akun media sosial yang berafiliasi dengan lembaga penyiaran pemerintah CCTV.

Baca Juga: 9 Negara Arab Meminta PBB Wajibkan Israel-Hamas Lakukan Gencatan Senjata




TERBARU

[X]
×