kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Getol Latihan Militer, Taiwan Cemas Bakal Terjadi Bentrokan yang Tak Disengaja


Senin, 25 September 2023 / 07:46 WIB
China Getol Latihan Militer, Taiwan Cemas Bakal Terjadi Bentrokan yang Tak Disengaja
ILUSTRASI. Taiwan mengatakan, frekuensi aktivitas militer China di sekitar Taiwan baru-baru ini telah meningkatkan risiko terjadinya peristiwa yang tidak terkendali dan memicu bentrokan yang tidak disengaja. REUTERS/Dado Ruvic


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Menteri Pertahanan Taiwan pada Sabtu (23/9/2023) mengatakan, meningkatnya frekuensi aktivitas militer China di sekitar Taiwan baru-baru ini telah meningkatkan risiko terjadinya peristiwa yang tidak terkendali dan memicu bentrokan yang tidak disengaja. 

Melansir Reuters, Taiwan mengatakan bahwa dalam dua minggu terakhir, telah terlihat puluhan pesawat tempur, drone, pembom, dan pesawat lainnya, serta kapal perang dan kapal induk Tiongkok, Shandong, beroperasi di dekat wilayahnya.

China, yang memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, dalam beberapa tahun terakhir telah melakukan banyak latihan serupa di sekitar pulau tersebut. Langkah tersebut dilakukan China sebagai upaya untuk menegaskan klaim kedaulatannya dan menekan Taipei.

Ketika ditanya oleh wartawan apakah ada risiko insiden yang tidak disengaja yang memicu konflik yang lebih luas mengingat frekuensi aktivitas China, Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan: "Ini adalah sesuatu yang sangat kami khawatirkan".

Dia menambahkan, kapal perang dari komando teater selatan dan timur China telah beroperasi bersama di lepas pantai timur Taiwan.

Baca Juga: Filipina Kecam Penghalang Terapung yang Dipasang Tiongkok di Laut Cina Selatan

“Risiko aktivitas yang melibatkan pesawat terbang, kapal laut, dan senjata akan meningkat, dan kedua belah pihak harus memberikan perhatian,” kata Chiu.

China belum berkomentar mengenai latihan di sekitar Taiwan, dan kementerian pertahanannya belum menanggapi permintaan komentar yang diajukan Reuters.

Chiu mengatakan, ketika Shandong berada di laut, yang pertama kali dilaporkan Taiwan pada 11 September, mereka beroperasi sebagai kekuatan lawan dalam latihan tersebut. 

Juru bicara kementerian pertahanan Taiwan Sun Li-fang menambahkan bahwa pasukan Komando Teater Timur China adalah kekuatan penyerang, yang menyimulasikan skenario pertempuran.

Baca Juga: Mengintip Pembaruan Kemampuan Militer China di Tahun 2023




TERBARU

[X]
×