kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal Perang China Memulai Latihan Militer di Dekat Taiwan


Sabtu, 08 April 2023 / 11:50 WIB
Kapal Perang China Memulai Latihan Militer di Dekat Taiwan


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - FUZHOU. Sebuah kapal perang China di laut yang menghadap Selat Taiwan memulai latihan tembak menembak pada Sabtu (8/4), ketika Beijing memulai latihan militer yang disebutnya sebagai peringatan terhadap pasukan pro kemerdekaan Taiwan.

Mengutip Reuters, Sabtu (8/4), kapal pendarat amfibi - yang mampu mengangkut pasukan, kapal, dan kendaraan - menembakkan beberapa peluru artileri pada Sabtu pagi di daerah Teluk Luoyan di pantai provinsi Fujian, sekitar 50 km (30 mil) barat laut pulau Matsu dekat daratan yang dikendalikan oleh Taiwan.

China memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya. Pemerintah Taiwan sangat menentang klaim China.

Baca Juga: China Umumkan Latihan Militer di Sekitar Taiwan Setelah Pertemuan Taiwan-AS

Suar asap dan moncong terlihat dari buritan kapal perang saat peluru ditembakkan ke sasaran di darat dan air. 

Perahu nelayan dan kapal kargo besar melaju di dekatnya, menghindari area bor.

Kapal perang itu tidak berlayar menuju pulau Matsu, yang dikuasai Taiwan sejak pemerintah Republik Tiongkok melarikan diri ke Taipei pada 1949 setelah kalah dalam perang saudara melawan pasukan Komunis Mao Zedong. Daerah tersebut dianggap sebagai target awal Beijing jika terjadi eskalasi militer.

Komando Teater Timur China, salah satu dari lima komando Tentara Pembebasan Rakyat yang mengawasi Laut China Timur termasuk Selat Taiwan, mengatakan patroli kesiapan tempur akan dilakukan di sekitar Taiwan selama tiga hari sebagai peringatan serius terhadap pasukan kemerdekaan pro-Taiwan dan untuk menjaga integritas teritorial China.

Latihan ke utara, selatan dan timur pulau Taiwan juga direncanakan, setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy di Amerika Serikat, yang memicu kemarahan Beijing.

Baca Juga: China Bakal Periksa Kapal di Selat Taiwan, Taiwan Tegaskan Tak Akan Bekerja Sama

Seorang pekerja kilang minyak bermarga Zhao di sebuah desa di tenggara area pengeboran mengatakan kepada Reuters bahwa dia terbiasa melihat latihan tersebut saat dia besar di kota Qingdao di provinsi Shandong timur di pesisir China.

"Saya tidak tahu ada latihan di sini sampai saya datang, tapi saya tidak terkejut sama sekali karena saya sering melihatnya," kata Zhao, 40.

Ketika ditanya tentang Taiwan, Zhao mengatakan dia berharap kedua belah pihak dapat bersatu kembali secepat mungkin.




TERBARU

[X]
×