kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China menolak para ahli dari WHO untuk kembali ke Wuhan guna menyelidiki Covid-19


Kamis, 22 Juli 2021 / 12:38 WIB
China menolak para ahli dari WHO untuk kembali ke Wuhan guna menyelidiki Covid-19
ILUSTRASI. Peter Ben Embarek dari tim WHO yang ditugaskan menyelidiki asal mula penyakit virus corona (COVID-19). REUTERS/Thomas Peter


Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. China telah menolak proposal dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa tim ahli yang menyelidiki asal-usul COVID-19 harus kembali ke situs-situs di China tempat virus corona pertama kali muncul.

Berbicara pada konferensi pers di Dewan Informasi Negara, Zeng Yixin, wakil menteri Komisi Kesehatan Nasional China, mengatakan dia “terkejut” bahwa WHO telah mengusulkan tim kembali ke tempat-tempat di pusat kota Wuhan yang mereka kunjungi awal tahun ini dan juga menyelidiki hipotesis bahwa itu bocor dari laboratorium.

Zeng mengatakan langkah seperti itu "tidak ilmiah".

Dalam pertemuan tertutup pekan lalu, kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengusulkan tahap kedua penyelidikan tentang asal-usul virus corona harus mencakup studi lebih lanjut di China serta "audit" laboratorium.

Baca Juga: Perlu tahu! Ini beda gejala Covid-19 dari strain awal, varian alpha, beta, dan delta

“Menemukan asal usul virus ini adalah latihan ilmiah yang harus dijauhkan dari politik,” kata Ghebreyesus. 

“Agar hal itu terjadi, kami berharap China mendukung fase berikutnya dari proses ilmiah ini dengan membagikan semua data yang relevan dalam semangat transparansi,” tambahnya.

WHO berada di bawah tekanan yang semakin besar untuk meningkatkan penyelidikannya tentang asal usul virus, yang pertama kali muncul di Wuhan dan kini telah menewaskan lebih dari 4,1 juta orang di seluruh dunia.

Tim ahli internasional dan China melakukan kunjungan pertama mereka ke Wuhan pada pertengahan Januari, lebih dari setahun setelah kasus pertama yang saat itu disebut "pneumonia misterius" pertama kali terdeteksi. 

Mereka menghabiskan empat minggu di kota, mengunjungi situs-situs utama termasuk pasar Makanan Laut Huanan yang sekarang ditutup, dan dua laboratorium penelitian yang bekerja dengan virus dari kelelawar, hewan yang dicurigai sebagai inang untuk COVID-19.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×