kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

China siap perang, ini asal muasal konflik AS dan China di Selat Taiwan


Minggu, 28 Juli 2019 / 08:35 WIB
China siap perang, ini asal muasal konflik AS dan China di Selat Taiwan

Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Tak hanya soal perdagangan, Amerika Serikat (AS) dan China juga bersitegang di kawasan Teluk Taiwan. Sehari setelah China menyatakan siap berperang demi Taiwan, AS membuat China tambah meradang setelah kapal marinirĀ  AS melintas di Teluk Taiwan.

China memang mengklaim Taiwan masuk wilayahnya. Sebaliknya Negeri Paman Sam memberi angin kepada Taiwan untuk berdaulat.

Baca Juga: Sehari usai China nyatakan siap berperang, Kapal Perang AS berlayar di selat Taiwan

Sudah sejak lama, AS dan China bersitegang gara-gara soal Taiwan. Fox News menuliskan, hubungan antara China dan Taiwan ditandai oleh kontak yang terbatas, ketegangan, dan ketidakstabilan, karena fakta bahwa perang sipil hanya berhenti tanpa ada penandatanganan perjanjian damai secara formal.

Dus, kedua belah pihak secara teknis masih dalam keadaan perang. Pada tahun-tahun awal, konflik militer China dan Taiwan berlanjut, sementara secara diplomatik kedua pemerintah itu bersaing untuk menjadi "pemerintah Tiongkok yang sah."

Baca Juga: Belum berdamai di perang dagang, kini AS-China panas di Selat Taiwan

Taiwan merupakan sebuah pulau di lepas pantai selatan Tiongkok yang telah diperintah secara independen dari daratan Tiongkok sejak 1949.

China sendiri memandang pulau itu sebagai provinsi, sementara Taiwan merupakan wilayah dengan pemerintahannya sendiri yang dipilih secara demokratis dan menampung 23 juta orang. Para pemimpin politik memiliki pandangan berbeda tentang status pulau dan hubungan dengan daratan.

Baca Juga: Memanas, Amerika Serikat (AS) dan Prancis terancam terlibat perang dagang

Mengapa Amerika peduli? Halaman selanjutnya




TERBARU

×