kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Comcast akuisisi Time Warner Cable US$ 45 miliar


Jumat, 14 Februari 2014 / 04:40 WIB
Comcast akuisisi Time Warner Cable US$ 45 miliar
ILUSTRASI. Wortel


Sumber: Reuters | Editor: Sandy Baskoro

NEW YORK. Comcast Corp menggelar aksi korporasi jumbo. Perusahaan komunikasi dan media massa ini mengakuisisi Time Warner Cable Inc senilai US$ 45,2 miliar. Transaksi ini merupakan penggabungan dua operator kabel terbesar di Amerika Serikat.

Comcast sepakat mengakuisisi seluruh saham Time Warner Cable senilai US$ 158,82 per saham. Bagi Comcast, transaksi tersebut merupakan aksi kedua dalam setahun terakhir. Di 2013, Comcast merampungkan akuisisi NBC Universal senilai US$ 17 miliar.

Dalam skema transaksi Comcast dan Time Warner Cable, nanti para pemegang saham Time Warner memperoleh 23% saham perusahaan hasil penggabungan. Kedua perusahaan mengharapkan dapat merampungkan transaksi tersebut pada akhir tahun ini.

Merger Comcast dan Time Warner Cable akan menghemat operasional US$ 1,5 miliar. Di tahun pertama, keduanya diprediksi bisa menghemat operasional sebesar 50% dari target.

Comcast memiliki 22 juta pelanggan video, sementara Warner Cable memiliki 12 juta pelanggan video. Jadi, mereka menguasai 34 juta pelanggan. Sebagai bagian dari kesepakatan, Comcast berniat menjual 3 juta pelanggan di AS. Alhasil, kongsi antara Comcast dan Warner Cable memiliki 31 juta pelanggan setara  30% pangsa pasar.

Upaya penggabungan dua operator kabel terbesar di AS ini akan menghadapi ketatnya aturan pengawasan. Dari sini, divestasi pelanggan bakal membantu memuluskan transaksi tersebut. "Comcast dan Warner Cable tidak bersaing. Jadi, Comcast mudah melepas beberapa juta pelanggannya," ujar Rich Greenfield, analis BTIG.

Perwakilan Comcast dan Time Warner menolak berkomentar. Pejabat Komisi Komunikasi Federal AS dan pejabat Departemen Kehakiman juga tidak bisa dimintai konfirmasinya.

Di sisi lain, operator kabel berskala kecil yakni Charter Communications Inc sempat menawar Warner Cable. Charter mengajukan penawaran US$ 132,50 per saham. Angka ini lebih rendah 17% daripada harga Comcast senilai US$ 158,82 per saham. Alhasil, pemegang saham Time Warner Cable menolak tawaran Charter.

Sejatinya, pembicaraan Comcast dan Time Warner Cable berlangsung sejak setahun lalu. Namun negosiasi intensif baru beberapa pekan terakhir. Time Warner menyatakan, Comcast adalah pembeli yang diinginkan, meskipun Charter Communications mendekati.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×