kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?


Senin, 21 Maret 2022 / 23:00 WIB
Daftar 10 Negara Terbersih di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Negara yang memiliki kota-kota bersih dan rapi membuat warganya sehat dan nyaman. Berikut ini 10 negara terbersih di dunia, Indonesia urutan berapa?

Kebersihan tersebut bisa meliputi pengelolaan sampah, sanitasi, air bersih, kualitas udara, dan penanganan limbahnya. Negara dengan kota-kota yang bersih dan sehat juga bisa meningkatkan kualitas hidup warganya.  

Para peneliti di Yale University dan Columbia University bekerjasama dengan World Economic Forum (WEF) mengukur kebersihan dan keramahan lingkungan dunia di 180 negara di dunia. 

Dari penelitin tersebut, mereka menciptakan Environmental Performance Index (EPI) atau Indeks Kinerja Lingkungan. EPI mengunakan 32 indikator kerja di 11 kategori untuk menilai kebersihan di sebuah negara.  

Berikut adalah daftar negara terbersih di dunia yang dilansir dari worldpopulationreview

Baca Juga: 15 Negara dengan Kekuatan Militer Terbesar Ada Indonesia, Ini Pasukan dan Senjatanya

Daftar 10 negara terbersih di dunia

1. Denmark 

Denmark berada di peringkat pertama negara sebagai negara terbersih dan paling ramah lingkungan di dunia dengan total skor EPI 82,5. 
Negara ini memiliki beberapa kebijakan yang sangat komprehensif dan efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. 

Selain itu, Denmark juga fokus pada energi keberlanjutan dengan adanya peningkatan jumlah hotel yang ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik. 

2. Luksemburg 

Luksemburg berada di peringkat kedua sebagai negara terbersih di dunia dengan skor EPI 82,3. 

Negara ini telah membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungannya, meskipun pertumbuhan populasi dan Produk Domestik Bruto (PDB)-nya berkembang pesat. 

Luksemburg merupakan negara yang sebagian pedesaannya memiliki hutan lebat dan taman alam yang luas. 

3. Swiss 

Swiss berada di peringkat ketiga sebagai negara terbersih di dunia dengan skor EPI 81,5. Selain itu, negara ini juga dikenal dengan air bersih dan satwa liarnya yang melimpah. 

Baca Juga: Rusia Merilis Daftar Negara yang Tidak Bersahabat, Siapa Saja?




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×