Daftar 7 kota besar di dunia yang diramal bakal alami banjir parah di 2050

Senin, 07 Juni 2021 | 07:18 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar 7 kota besar di dunia yang diramal bakal alami banjir parah di 2050

ILUSTRASI. Ilustrasi: Pada 2050, sejumlah kota pesisir terbesar di dunia dapat terendam banjir parah akibat dari pemanasan global. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.


KONTAN.CO.ID - Pada 2050, sejumlah kota pesisir terbesar di dunia dapat terendam banjir parah akibat dari pemanasan global. Banjir ekstrem yang dulunya terjadi sekali seabad mulai terjadi setiap tahun di beberapa kota. 

Berikut beberapa kota besar yang diprediksi akan dilanda banjir parah, seperti yang dilansir dari DW Indonesia pada Sabtu (5/6/2021).  

1. Hanoi, Vietnam 

Lebih dari 31 juta orang, hampir seperempat dari total populasi Vietnam, diperkirakan akan menghadapi ancaman banjir. Genangan air akibat rob setidaknya akan terjadi sekali setahun hingga 2050, demikian menurut Climate Central. 

Pada tenggat masa itu, banjir rob tahunan secara khusus akan memengaruhi daerah padat penduduk di Delta Mekong dan pantai utara di sekitar ibu kota Vietnam, Hanoi. 

Baca Juga: 30 Provinsi ini harus waspada, siklon tropis 94W siap menerjang

2. Shanghai, China 

Tempat tinggal bagi 93 juta orang yang saat ini tinggal di China daratan kemungkinan akan terendam banjir pada 2050 akibat banjir rob, demikian hasil penelitian yang dirilis organisasi sains independen asal AS, Climate Central. 

Shanghai yang merupakan kota terpadat di China, diperkirakan akan menjadi kota yang paling rentan terdampak banjir rob karena tidak punya sistem pertahanan pantai. 

Baca Juga: Banjir lahar Gunung Ile Lewotolok, NTT, 19 orang tewas, 48 orang belum ditemukan

3. Kolkata, India 

Di India, kenaikan permukaan laut diperkirakan membuat kawasan yang saat ini dihuni sekitar 36 juta orang itu rentan terkena banjir tahunan pada 2050. Benggala Barat dan Odisha dianggap sangat berisiko, seperti kota Kolkata di bagian timur. 

Menurut Climate Central, tidak adanya pertahanan pantai seperti tanggul, membuat ketinggian suatu tempat jadi penentu sejauh mana banjir akan merendam daratan. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru