kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Demonstrasi Anti Perang di Rusia, Lebih dari 4.300 Orang Ditahan


Senin, 07 Maret 2022 / 07:50 WIB
Demonstrasi Anti Perang di Rusia, Lebih dari 4.300 Orang Ditahan
ILUSTRASI. Pada Minggu (6/3/2022), pihak kepolisian Rusia menahan lebih dari 4.300 orang dalam aksi protes di seluruh Rusia. REUTERS/Borut Zivulovic


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - LONDON. Pada Minggu (6/3/2022), pihak kepolisian Rusia menahan lebih dari 4.300 orang dalam aksi protes di seluruh Rusia terhadap invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina. Hal tersebut diungkapkan oleh kelompok pemantau protes independen.

Mengutip Reuters, menurut video yang diposting di media sosial oleh aktivis oposisi dan blogger, ribuan pengunjuk rasa meneriakkan "Tidak untuk perang!" dan "Malu pada Anda!".

Puluhan pengunjuk rasa di kota Ural Yekaterinburg terlihat ditahan. Seorang pengunjuk rasa di sana tampak dipukuli di tanah oleh polisi dengan perlengkapan anti huru hara. Sebuah mural di kota yang menunjukkan Presiden Vladimir Putin dirusak.

Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi rekaman dan foto-foto di media sosial. Kementerian dalam negeri Rusia mengatakan sebelumnya bahwa polisi telah menahan sekitar 3.500 orang, termasuk 1.700 di Moskow, 750 di St Petersburg dan 1.061 di kota-kota lain.

Baca Juga: Vladimir Putin Ancam Ukraina Mungkin Kehilangan Kenegaraannya

Kementerian dalam negeri mengatakan 5.200 orang telah mengambil bagian dalam aksi protes. Kelompok pemantau aksi protes OVD-Info mengatakan telah mendokumentasikan penahanan setidaknya 4.366 orang di 56 kota berbeda.

"Sekrup sedang dikencangkan sepenuhnya - pada dasarnya kami menyaksikan sensor militer," jelas Maria Kuznetsova, juru bicara OVD-Info, mengatakan melalui telepon dari Tbilisi.

Dia menambahkan, "Kami melihat aksi protes yang cukup besar hari ini, bahkan di kota-kota Siberia di mana kami jarang melihat jumlah penangkapan seperti itu."

Aksi protes Rusia terakhir dengan jumlah penangkapan yang sama terjadi pada Januari 2021, ketika ribuan orang menuntut pembebasan pemimpin oposisi Alexei Navalny setelah dia ditangkap saat kembali dari Jerman di mana dia pulih dari keracunan racun saraf.

Baca Juga: Krisis Rusia-Ukraina: Antara Kejutan Risiko dan Urgensi Percepatan Energi Terbarukan

Kantor berita Rusia RIA mengatakan Lapangan Manezhnaya di Moskow, yang bersebelahan dengan Kremlin, telah "dibebaskan" oleh polisi, yang telah menangkap beberapa peserta aksi protes tanpa izin terhadap operasi militer di Ukraina.




TERBARU

[X]
×