kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dewan Keamanan PBB kembali desak militer Myanmar untuk hentikan kekerasan


Kamis, 11 November 2021 / 12:45 WIB
Dewan Keamanan PBB kembali desak militer Myanmar untuk hentikan kekerasan
ILUSTRASI. Tentara Myanmar berjalan di sepanjang jalan selama protes terhadap kudeta militer di Yangon, Myanmar, 28 Februari 2021.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Melalui sebuah pernyataan yang disetujui ke-15 anggotanya pada Rabu (10/11), Dewan Keamanan PBB mendesak militer Myanmar untuk menahan diri dan menghentikan tindak kekerasan terhadap warga sipil.

"Para anggota Dewan Keamanan menyatakan keprihatinan yang mendalam atas meningkatnya kekerasan baru-baru ini di seluruh Myanmar. Mereka menyerukan penghentian kekerasan dengan segera dan memastikan keselamatan warga sipil," ungkap pernyataan Dewan Keamanan PBB, seperti dikutip Reuters.

Dewan Keamanan PBB juga kembali mendorong dialog dan rekonsiliasi sesuai dengan keinginan dan kepentingan rakyat Myanmar,

Mereka juga menyerukan pembukaan akses menuju bantuan kemanusiaan secara penuh, yang aman dan tanpa hambatan, ke semua orang yang membutuhkan, serta keselamatan juga keamanan bagi para personel kemanusiaan dan medis.

Pernyataan ini dirilis menyusul laporan yang menyebutkan ada pengerahan senjata berat dan pasukan di Negara Bagian Chin. Tindakan ini menunjukkan upaya militer Myanmar untuk mengusir kelompok-kelompok milisi yang menentang kekuasaan mereka.

Junta Myanmar belum memberikan komentar terkait situasi keamanan di Chin, wilayah perbatasan yang juga menjadi titik terdepan perlawanan sipil terhadap militer.

Baca Juga: Militer Myanmar diduga menangkap pekerja kemanusiaan dan memblokir persediaan makanan

Situasi keamanan memburuk

Kepala Badan Bantuan PBB Martin Griffiths pada Senin (8/11) memastikan, situasi keamanan di Myanmar semakin memburuk. Dewan Keamanan PBB langsung mengadakan pertemuan terkait laporan tersebut.

Melansir Reuters, Griffiths menyebutkan, saat ini ada lebih dari 3 juta orang di Myanmar yang membutuhkan bantuan di tengah berkembangnya konflik dan kegagalan ekonomi yang meluas.

Inggris adalah pihak yang mendesak pertemuan tertutup tersebut karena mengaku sangat prihatin dengan peningkatan aksi militer di Myanmar.

Secara khusus, Inggris juga khawatir kekejaman militer akan terlihat kembali seperti yang terjadi empat tahun lalu terhadap kaum Rohingya.

Baca Juga: PBB: Situasi keamanan Myanmar memburuk, rumah dan gereja dibakar




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×