kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Duh, IMF pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini jadi 3%


Selasa, 15 Oktober 2019 / 21:26 WIB
Duh, IMF pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini jadi 3%
ILUSTRASI. Logo Dana Moneter Internasional (IMF) terlihat di luar kantor pusat di Washington, AS, ketika Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde bertemu dengan Menteri Keuangan Argentina Nicolas Dujovne, 4 September 2018.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Perang dagang Amerika Serikat (AS)-China bakal memangkas pertumbuhan global tahun ini ke laju paling lambat sejak krisis keuangan 2008-2009. Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi dunia hanya 3%.

Bahkan, IMF memperingatkan, prospek bisa menjadi jauh lebih gelap jika ketegangan perdagangan tetap tidak terselesaikan. Dalam Outlook Ekonomi Dunia terbaru, mereka memperkirakan, ekonomi dunia sepanjang 2019 hanya tumbuh 3%.

Angka ini lebih rendah dari proyeksi lembaga pemberi pinjaman internasional tersebut pada Juli lalu sebesar 3,2%. Menurut IMF, sebagian besar karena dampak dari gesekan perdagangan global yang meningkat pada tahun ini.

Baca Juga: China bersedia beli produk pertanian AS senilai US$ 50 miliar, tapi dengan syarat

Proyeksi tersebut menjadi latar belakang yang suram untuk Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia pada minggu ini di Washington. Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mewarisi sejumlah masalah, mulai stagnasi perdagangan hingga reaksi politik di beberapa negara berkembang yang berjuang dengan Program Penghematan IMF.

Laporan Outlook Ekonomi Dunia IMF menjabarkan secara perinci kesulitan ekonomi yang disebabkan oleh perang tarif AS-China. Termasuk, biaya langsung, gejolak pasar, pengurangan investasi, dan produktivitas yang lebih rendah karena gangguan rantai pasokan.




TERBARU

Close [X]
×