Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - ELON Musk memastikan mantan kepala periklanan NBCUniversal Linda Yaccarino akan menjadi CEO baru Twitter. Hal itu disampaikan Musk melalui cuitannya pada Jumat (12/5).
"Saya sangat senang menyambut Linda Yaccarino sebagai CEO Twitter yang baru!" Kata Musk. "@LindaYacc akan fokus terutama pada operasi bisnis, sementara saya fokus pada desain produk & teknologi baru."
Asal tahu, Yaccarino memodernisasi bisnis periklanan divisi hiburan dan media Comcast Corp dan telah dalam pembicaraan untuk pekerjaan itu sebelum NBC mengumumkan kepergiannya Jumat pagi.
Sejak Musk mengakuisisi Twitter pada bulan Oktober, pengiklan telah meninggalkan platform tersebut. Dipicu kekhawatiran iklan mereka dapat muncul di samping konten yang tidak pantas setelah perusahaan kehilangan hampir 80% staf.
Musk awal tahun ini mengakui bahwa Twitter mengalami penurunan besar dalam pendapatan iklan.
"Lintasan Twitter akan segera berubah 180 derajat" di bawah kepemimpinannya, kata Lou Paskalis, seorang eksekutif industri periklanan lama dan CEO AJL Advisory, sebuah konsultan pemasaran.
Baca Juga: Elon Musk Umumkan Telah Menemukan CEO Twitter yang Baru
Musk memecat ribuan karyawan, mempercepat peluncuran produk langganan yang memungkinkan penipu menyamar sebagai merek besar dan menangguhkan pengguna yang tidak dia setujui.
"Saya pikir (Yaccarino) telah mendaki setiap gunung yang dia bisa di NBCU dan melakukannya dengan sangat baik. Dan tidak ada tantangan yang lebih besar daripada memulihkan ketertiban di Twitter," katanya.
Sementara itu, Yaccarino belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar.
Sebagai informasi, kepergiannya Yaccarino merupakan pukulan besar bagi NBCUniversal. Bulan lalu, induk NBC Comcast mengatakan, CEO NBCUniversal Jeff Shell pergi setelah mengakui hubungan yang tidak pantas dengan seorang wanita di perusahaan.
Presiden Periklanan Mark Marshall akan bertindak sebagai ketua sementara kelompok periklanan dan kemitraan NBCUniversal.
Marshall diangkat sebagai presiden penjualan iklan dan kemitraan pada tahun 2018, mengawasi siaran hiburan, olahraga, dan penjualan iklan tingkat lanjut NBC.
Keluarnya Yaccarino terjadi pada saat yang sulit bagi NBCUniversal, yang sedang mempersiapkan presentasi dimuka tahunannya kepada pengiklan pada hari Senin di Radio City Music Hall.
Yaccarino bergabung dengan NBCU pada tahun 2011, setelah 15 tahun di Turner Entertainment, dan telah dipercaya membawa operasi penjualan iklan jaringan tersebut ke era digital.
Saat pemirsa televisi siaran bermigrasi ke streaming, dia naik ke panggung di Radio City Music Hall tahun lalu untuk memberi tahu pengiklan bahwa pesan merek mereka bukanlah renungan. Dia mengatakan, NBCUniversal memasukkan iklan ke dalam layanan streaming Peacock sejak awal.
"Twitter membutuhkan kredibilitas dengan komunitas periklanan," kata Greg Kahn, kepala eksekutif konsultan media GK Digital Ventures.
"Linda telah menunjukkan kepercayaannya, sifat inovatifnya dalam membawa mitra baru ke meja perundingan, dan hubungan yang mendalam."
Baca Juga: 37 Twibbon Hari Perawat Sedunia 2023 dan Cara Mudah Mengunggahnya di Medsos!
Musk yang dikenal sebagai CEO Tesla, menyelesaikan pembelian Twitter pada bulan Oktober sebesar US$44 miliar. Dia berkata pada bulan Desember bahwa dia akan mengundurkan diri sebagai CEO begitu dia menemukan "seseorang yang cukup bodoh untuk menerima pekerjaan itu."
Pada hari Kamis, Musk men-tweet bahwa dia telah menemukan seorang CEO tanpa menyebut nama Yaccarino. Satu orang yang dekat dengan Yaccarino mengatakan tweet Musk mungkin telah mempercepat jadwal baginya untuk bergabung dengan Twitter, yang akan menjadi balsem bagi pemegang saham Tesla.
Saham Tesla turun 1,3% pada hari Jumat, karena analis berkomentar bahwa perekrutan CEO akan memungkinkan Musk untuk berkonsentrasi pada bisnis EV. Saham Comcast sedikit berubah.