kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Facebook menangguhkan akun mantan presiden AS Donald Trump hingga tahun 2023


Sabtu, 05 Juni 2021 / 05:55 WIB
Facebook menangguhkan akun mantan presiden AS Donald Trump hingga tahun 2023
ILUSTRASI.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Facebook Inc menangguhkan akun mantan Presiden AS Donald Trump dari platformnya setidaknya hingga Januari 2023 dan mengumumkan perubahan tentang bagaimana mereka akan memperlakukan para pemimpin dunia yang melanggar aturan di masa depan.

Mengutip Reuters, Sabtu (5/6), Dewan Pengawas Independen Facebook pada Mei mendukung pemblokiran raksasa media sosial itu terhadap Trump, yang diberlakukan setelah kerusuhan 6 Januari di US Capitol, karena perusahaan tersebut mengatakan postingannya menghasut kekerasan.

Namun, dewan memutuskan itu salah untuk membuat larangan tidak terbatas dan memberikan waktu enam bulan untuk menentukan "tanggapan yang proporsional."

Penangguhan Trump selama dua tahun efektif sejak tanggal awal dia diblokir - 7 Januari tahun ini - dan hanya akan dipulihkan jika risiko keselamatan publik telah surut, kata Facebook dalam sebuah posting blog. 
Seorang juru bicara Trump tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Baca Juga: WhatsApp segera kedatangan fitur login di 4 perangkat sekaligus

Facebook mengatakan akan melibatkan dan berdiskusi dengan para ahli untuk membuat keputusan ini dan akan mengevaluasi faktor-faktor termasuk contoh kekerasan, pembatasan pertemuan damai dan penanda kerusuhan sipil lainnya. 

Ia juga mengatakan akan ada serangkaian sanksi yang meningkat yang akan dipicu jika Trump melanggar aturan lebih lanjut yang dapat menyebabkan pemecatan permanennya.

"Mengingat beratnya keadaan yang menyebabkan penangguhan Mr. Trump, kami percaya tindakannya merupakan pelanggaran berat terhadap aturan kami yang pantas mendapatkan hukuman tertinggi yang tersedia di bawah protokol penegakan baru," kata kepala urusan global Facebook Nick Clegg dalam posting tersebut. 

Waktu penangguhan Trump berarti Trump tidak akan dapat menggunakan akunnya menjelang pemilihan paruh waktu nasional November 2022, ketika partainya akan bersaing untuk kursi Kongres, tetapi mungkin dapat kembali ke media sosial jauh sebelum pemilihan presiden berikutnya di akhir 2024.

Perusahaan media sosial telah bergulat dalam beberapa tahun terakhir dengan bagaimana menangani para pemimpin dunia dan politisi yang melanggar pedoman mereka.

Penangguhan Trump adalah pertama kalinya Facebook memblokir presiden, perdana menteri, atau kepala negara saat ini.

Facebook mendapat kecaman dari mereka yang berpikir harus meninggalkan pendekatan lepas tangan terhadap pidato politik. Tetapi itu juga dikritik oleh mereka, termasuk anggota parlemen Republik dan beberapa pendukung kebebasan berekspresi, yang melihat larangan Trump sebagai tindakan sensor yang mengganggu.

Baca Juga: Anggota Partai Republik AS masih meyakini bahwa Donald Trump adalah pemenang pemilu

Perusahaan juga mengumumkan, sebagai tanggapan atas rekomendasi dewan, bahwa mereka akan membuat perubahan pada cara menangani para pemimpin dunia di situsnya. 

Dalam satu pembalikan, itu mengakhiri kebijakannya yang melindungi politisi dari beberapa aturan moderasi konten karena konten mereka dianggap "layak berita." Ini juga akan mengungkapkan kapan ia menggunakan pengecualian ini.

Pengumuman itu datang pada hari yang sama ketika Eropa dan Inggris meluncurkan penyelidikan antimonopoli resmi tentang apakah Facebook menyalahgunakan data pelanggannya yang sangat banyak.

Selanjutnya: Zoom proyeksikan pendapatan kuartal II bisa capai US$ 990 juta




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×