kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Femsa akan jual 20% saham Heineken NV


Senin, 18 Mei 2015 / 08:20 WIB
Femsa akan jual 20% saham Heineken NV
ILUSTRASI. Pekerja mengangkut beras di gudang Bulog Talumolo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (17/11/2023). ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/tom.


Sumber: Bloomberg | Editor: Uji Agung Santosa

NEW YORK. Salah satu produsen minuman terbesar Meksiko, Fomento Economico Mexicano AB SAB (Femsa) dikabarkan bakal melego 20% saham di Heineken NV setelah masa keterikatan (lock up period) selama lima tahun berakhir pada bulan April 2015.

Nilai penjualan saham Femsa di Heineken ditaksir mencapai US$ 9 miliar atau lebih tinggi ketimbang harga pembelian Heineken terhadap Femsa. Jika digabungkan dengan arus kas Femsa, aksi penjualan saham tersebut bernilai lebih dari US$ 11 miliar.

Asal tahu saja, Heineken NV setuju membeli divisi bir Femsa senilai US$ 7,7 miliar pada tahun 2010 lalu. Skemanya, produsen bir asal Belanda tersebut menerbitkan saham baru sebesar 20% untuk diberikan kepada Femsa.

Menurut Lauren Torres, analis UBS AG yang berbasis di New York, Femsa akan mencari peluang-peluang lain demi mendapatkan keuntungan yang cukup besar. "Femsa tidak ingin memiliki sesuatu jika mereka tidak bisa mengontrol," ujar Torres seperti dikutip Bloomberg.

Namun, perwakilan dari Femsa menolak menanggapi kabar tersebut. Daniel Alberto Rodriguez Cofre, Chief Financial Officer Femsa mengatakan pada akhir April lalu bahwa perusahaannya tak berencana menjual saham Heineken. Bahkan, Femsa akan mencari peluang bisnis baru yang berkaitan dengan Heineken. Miguel Mayorga, Corporativo GBM SAB. menyangsikan kabar tersebut.

Menurutnya, penjualan saham Heineken akan membawa konsekuensi pembayaran pajak yang besar. Femsa tidak akan menjual Heineken sebelum menemukan cara untuk menyebarkan keuntungan. "Pertumbuhan Femsa akan didorong oleh ekspansi nonorganik secara signifikan," ujar Mayorga.

Pertumbuhan Femsa Selama dekade terakhir, nilai pasar Femsa tumbuh hingga sembilan kali lipat seiring dengan upaya manajemen memperluas bisnis toko ritelnya dengan mengusung merek Oxxo. Sejak didirikan hingga saat ini, gerai-gerai Oxxo telah tersebar di 13.000 lokasi.

Tahun ini, UBS memprediksi jumlah outlet Oxxo bakal bertambah 9%, laju paling lambat dalam 15 tahun terakhir. Menurut analisa UBS, Femsa bisa mengejar pertumbuhan melalui bisnis farmasi, misalnya membeli Raia Drogasil SA, apotek asal Brasil dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 4 miliar.

Saat ini, Femsa bersama dengan Farmacias Benavides, Farmacias del Ahorro dan Farmacias Guadalajara menjadi empat pemain besar Farmasi di Meksiko. Empat perusahaan ini mencuil pasar farmasi sekitar 40%.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×