kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Heineken tolak tawaran akuisisi SABMiller


Selasa, 16 September 2014 / 09:52 WIB
Heineken tolak tawaran akuisisi SABMiller
ILUSTRASI. Promo JSM Alfamidi Spesial Gajian Periode 30 Maret-2 April 2023.


Sumber: Bloomberg | Editor: Hendra Gunawan

AMSTERDAM. Produsen bir asal Belanda, Heineken HEIN AS menolak tawaran akuisisi dari SABMiller Plc. Pemilik, keluarga dan pemegang saham lainnya ingin melestarikan warisan dan indentitas Heineken. Heineken menyatakan tawaran SAB Miller Plc tidak akan ditindaklanjuti.

Saham Heineken dimiliki oleh keluarga sebesar 50% lewat Heineken Holding HEIO AS. Selain itu, Fomento Economico Mexicano SAB de CV, perusahaan makanan minuman asal Meksiko juga memiliki saham Heineken sebanyak 12,5%.

"Keluarga Heineken telah menginformasikan kepada SABMiller bahwa Heineken memegang keinginannya untuk menjadi perusahaan yang independen," ujar pernyataan Heineken yang dikutip dari Bloomberg.

Namun, SABMiller tidak bersedia untuk komentar setelah pengumuman penolakan dari Heineken.

Mengutip sumber Bloomberg, pendekatan SABMiller merupakan strategi untuk melindungi diri pesaingnya,  Anheuser Busch InBev ABI BR.

Hingga saat ini AB InBev merupakan produser bir terbesar di dunia. Heineken dan SABMiller terus berkompetisi menghadapi dominasi AB InBev. Jika dua produsen tersebut bergabung diharapkan bisa mengalahkan AB InBev.

SABMiller sedang berjuang untuk mencatatkan pertumbuhan kinerja di pasar Eropa dan Amerika Utara. Sedangkan Heineken, pemain terbesar di pasar Eropa Barat berkembang cepat. Bahkan, Heineken berhasil meluaskan pasarnya di negara berkembang seperti Meksiko dan negara-negara lainnya di Asia. Tak heran jika SABMiller tertarik untuk membeli Heineken.

Jonathan Fyfe, analis Mirabaud Securities mengatakan, akuisisi Heineken akan membantu SABMiller untuk menambah jumlah portofolio merek bir global. "Heineken memiliki empat merek dalam daftar 10 merek bir premium tertinggi di pasar global," kata Jonathan.

Dengan mengakuisisi Heineken, SABMiller diproyeksikan akan mendapatkan tambahan penjualan lebih dari US$ 25 miliar.

Di bursa saham Amsterdam, saham Heineken naik sebanyak 4,3% menjadi € 61,98. Sedangkan di pasar London, harga saham SAB naik 6,2% menjadi 3.617 pence, paling tinggi dalam dua tahun terakhir.




TERBARU

[X]
×