General Motors akan luncurkan 10 kendaraan listrik di Korea Selatan pada 2025

Jumat, 12 November 2021 | 17:42 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
General Motors akan luncurkan 10 kendaraan listrik di Korea Selatan pada 2025

ILUSTRASI. Logo General Motors Korea

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Produsen mobil ternama asal Amerika Serikat, General Motors Co. (GM) akan meluncurkan 10 kendaraan listrik atau electric vehicles (EVs) untuk pasar Korea Selatan pada 2025 mendatang.

Meski begitu, Kepala Operasi internasional GM Steven Kiefer menjelaskan pihaknya belum memiliki rencana untuk memproduksi 10 jenis EV tersebut di Korea Selatan.

Setelah kunjungan Kiefer ke serikat pekerja Korea pada Juni lalu menimbulkan spekulasi dari media lokal setempat bahwa General Motors Co. dapat mengumumkan rencana produksi EV baru.

"Kami belum mengumumkan rencana apa pun untuk memproduksi kendaraan listrik di daerah ini, jadi tetap ikuti perkembangannya," kata Kiefer dalam jumpa pers, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (12/11).

Baca Juga: Pemain Besar Absen, 6 Pabrikan Janji Stop Produksi Mobil Berbahan Bakar Fosil di 2024

Unit GM di Korea Selatan dapat memproduksi sekitar 600.000 kendaraan per tahun, mengirim banyak ke Amerika Serikat termasuk SUV Chevrolet Trailblazer dan mempekerjakan sekitar 12.000 orang.

Terkait kerjasama GM dengan pembuat baterai Korea Selatan LG Energy Solution, Kiefer menilai kemitraan ini memiliki prospek yang sangat cerah.

"Jelas lebih banyak kapasitas (baterai) akan dibutuhkan, jadi nantikan beberapa pengumuman tambahan," ucapnya.

Diketahui, GM dan LG sedang membangun dua pabrik sel baterai dengan kapasitas produksi tahunan gabungan sekitar 70 gigawatt jam di Amerika Serikat, yang dapat memberi daya sekitar 1 juta EV.

Pada Oktober, GM mengatakan LG telah setuju untuk menggantikan biaya sebesar US$2 miliar untuk perkiraan biaya dan pengeluaran yang terkait dengan penarikan kendaraan listrik Bolt.

Selanjutnya: Buntut Recall Mobil Listrik General Motors, Laba Operasional LG Chem Menciut

 

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru