kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,25   -4,93   -0.53%
  • EMAS960.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Hadir lagi! Inilah penerbangan terpanjang dunia, ke mana rutenya?


Rabu, 21 Oktober 2020 / 11:50 WIB
Hadir lagi! Inilah penerbangan terpanjang dunia, ke mana rutenya?
ILUSTRASI. Singapore Airlines planes sit on the tarmac at Singapore's Changi Airport March 11, 2020. REUTERS/Edgar Su/File Photo


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerbangan terpanjang di dunia kembali hadir. Adalah Singapore Airlines (SIA) yang menyediakan layanan tersebut. 

Melansir CNN, sebelum pandemi rute penerbangan terpanjang adalah Singapura-Newark, New Jersey, yang menempuh jarak 9.534 mil. Kini, rute terbaru dari SIA adalah Singapura-John F.Kennedy (JFK), New York dengan jarak tempuh 9.536,5 mil. 

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (21/10/2020), Singapore Airlines (SIA) akan kembali ke New York, Amerika Serikat (AS), pada 9 November 2020. Momen tersebut saaat meluncurkan penerbangan non-stop antara Singapura dan Bandara Internasional JFK. 

"Layanan non-stop yang sangat panjang adalah landasan utama pelayanan kami untuk pasar penting di AS," ungkap Lee Lik Hsin, Executive Vice President Commercial Singapore Airlines. 

Baca Juga: Singapore Airlines akhirnya lakukan PHK massal 4300 orang menjadi tinggal 2400 orang

Layanan non-stop SIA ke New York juga akan didukung peningkatan jumlah penumpang transfer yang kini dapat transit melalui Bandara Changi Singapura. SIA juga mengantisipasi permintaan kargo yang signifikan dari berbagai industri yang berbasis di area metro New York, termasuk perusahaan farmasi, e-commerce, dan teknologi. 

Layanan baru ini akan menyediakan satu-satunya jalur kargo udara non-stop dari Timur Laut AS ke Singapura, yang berfungsi sebagai pusat distribusi regional bagi banyak perusahaan besar yang berbasis di AS. 

Baca Juga: Singapura dibuka lagi bagi turis asing, tapi hanya untuk dua negara ini

SIA akan mengoperasikan pesawat jarak jauh Airbus A350-900 pada rute tersebut. Pesawat ini dikonfigurasi dengan 42 kursi Kelas Bisnis, 24 Kelas Premium Ekonomi, dan 187 kursi Kelas Ekonomi.

Sementara soal jadwal penerbangan, mulai 9 November 2020, SQ24 akan beroperasi tiga kali seminggu dari Bandara Changi Singapura ke Bandara Internasional John F. Kennedy. 

Kemudian mulai 11 November 2020, SQ23 akan beroperasi tiga kali seminggu dari Bandara Internasional John F. Kennedy ke Bandara Changi Singapura. 

Saat ini, SIA masih mengoperasikan layanan non-stop ke Los Angeles. Namun, SIA juga mengaku akan terus meninjau kembali operasinya ke AS. Selain itu, maskapai asal Singapura itu juga mengkaji peningkatan permintaan untuk perjalanan udara di tengah pemulihan dari pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, sebelum memutuskan untuk memulihkan layanan ke rute lain di AS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penerbangan Terpanjang di Dunia Kembali Hadir, Rutenya Singapura-New York"
Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Kahfi Dirga Cahya

 

Selanjutnya: Terdampak pandemi, Air New Zealand tarik US$ 72,20 dari fasilitas pinjaman pemerintah

 




TERBARU

[X]
×